Kadikes Sesalkan UGD Puskesmas ‘Dijaga’ Kambing

oleh -45 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (29/04/15)

Pelayanan di Puskesmas Alas Barat mendapat sorotan masyarakat. Hal ini terjadi ketika masyarakat membutuhkan pelayanan medis pada Sabtu malam lalu. Sebab ketika sampai di UGD puskesmas setempat, keluarga pasien tidak menemukan satupun petugas di sana, namun dua orang petugas berada di ruangan lain dalam keadaan tidur nyenyak. Meski sudah digedor beberapa kali namun petugas tidak bergeming. Ironisnya lagi di dalam ruangan UGD berkeliaran dua ekor kambing dan sempat diabadikan menggunakan kamera handphone lalu diupload di media sosial sehingga memunculkan komentar yang beragam. Akhirnya pasien dilarikan ke Puskesmas Alas guna mendapat perawatan medis secara intensif.

amdal

Kambing UGDMendapat laporan itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, Drs Didi Darsani A.Pt menyesalkan adanya kelalaian petugas di UGD Puskesmas Alas Barat yang tidak melaksanakan tugasnya dengan baik. “Ini memalukan dan sangat kami sesalkan,” kata Didi—sapaan akrab pejabat ramah ini saat ditemui SR di kantornya, Rabu (29/4).

Seharusnya pelayanan UGD terbuka dalam waktu 1×24 jam dan tidak ada alasan petugas tidur karena mereka saat itu mendapat jadwal piket. “Apapun alasannya tidak dapat dibenarkan. Kalau piket ya harus bangun, jangan tidur, apalagi Puskesmas Alas Barat masuk kategori puskesmas perawatan yang petugasnya standby setiap saat,” sesal Didi.

Kambing di UGD (Foto Doc)
Kambing di UGD (Foto Doc)

Adanya informasi ini menjadi masukan baginya untuk melakukan pembinaan. Dan tindaklanjutnya, ia akan memanggil kepala KUPT puskesmas tersebut untuk dimintai klarifikasi. Selain itu ia akan melakukan sidak ke sejumlah puskesmas untuk memastikan kesiapan petugas dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Dalam kesempatan itu Didi Darsani menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat terutama keluarga pasien yang tidak terlayani petugas medis di puskesmas tersebut. “Saya berterima kasih adanya informasi ini karena saya tidak mungkin mampu menjangkau dan memantau semua puskesmas di daerah ini. Ke depan ini tidak boleh terjadi dan petugas medis harus memberikan pelayanan terbaik,” pungkasnya. (*)

Baca Juga  Demi Kemanusiaan, Ayo Jadilah Pendonor Aktif

iklan bapenda