Penyebar Kupon Undian Berhadiah Tertangkap Polisi  

oleh -10 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (27/04)

Sial menimpa menimpa Umar (22) dan Jaelani (23). Ingin mendapat untung besar malah buntung. Kedua pemuda asal Sulawesi Selatan dan Lombok Timur ini ditangkap polisi karena menyebarkan kupon berhadiah untuk memperdayai masyarakat. Beruntung keduanya cepat tertangkap sehingga belum ada satupun warga yang menjadi korban. Kini berkas perkara kasus tindak pidana penipuan yang dilakukan keduanya sudah tuntas ditangani penyidik Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Sumbawa. Senin (27/4) kedua tersangka ini dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Sumbawa karena berkas perkaranya dinyatakan lengkap (P21). Para tersangka ini dijerat pasal 378 junto pasal 53 ayat (1) jo 55 ayat (1) ke 1 KUHP dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara.

amdal
Tersangka, Umar dan Jaelani
Tersangka, Umar dan Jaelani

Kasus penipuan ini terjadi 26 Februari lalu. Berawal ketika keduanya berboncengan sepeda motor menyebarkan ratusan kupon undian berhadiah “KEJUTAN PECAH 8 MILIAR MIE SEDAAP CUP” dengan cara membuangnya dari pintu ke pintu. Dalam kupon itu tertera beberapa mobil dan hadiah menarik lainnya bagi siapa saja yang mendapat kupon tersebut. Selain hadiah di kupon yang sebenarnya palsu ini tertulis PT Prakasa Alam Segar selaku produsen Wings Food yang menjadi penyedia hadiah. Para tersangka ini berharap warga dapat menghubungi nomor telepon yang tertera di kupon undian itu dengan maksud untuk melakukan penipuan. Namun naas, ketika keduanya sedang menyebarkan kupon itu di Komplek BTN Griya Idola Desa Labuan Sumbawa, Kecamatan Badas, sekitar pukul 22.00 Wita, kepergok penghuni komplek yang kebetulan anggota Brimob. Tanpa kesulitan keduanya langsung diringkus.

Baca Juga  Rekening BRI Terkuras Puluhan Juta, Nasabah Lapor Polisi

Ditemui di Kantor Kejaksaan Negeri Sumbawa, tadi siang, Umar didampingi Jaelani mengaku baru pertamakali melakukannya dan belum sempat mendapat untung karena tertangkap warga. Selain itu Umar dan Jaelani juga mengaku kalau mereka adalah orang suruhan dari KK yang jika berhasil mengelabui warga akan mendapatkan upah.

Barang Bukti kupon berhadiah palsu
Barang Bukti kupon berhadiah palsu

Sementara itu Kapolres Sumbawa yang dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim, IPTU Tri Parsetiyo, membenarkan penyidiknya telah berhasil menuntaskan kasus tersebut. Ini ditandai dengan telah di-P21-kannya kasus ini oleh pihak kejaksaan. “Kami sudah melimpahkan tersangka dan barang bukti ke kejaksaan,” demikian IPTU Tri. (Jen)

iklan bapenda