Dusun Pamulung Dinilai Tim Propinsi

oleh -15 views
bankntb

Lomba Ketahanan Keluarga Tingkat Provinsi NTB 

Sumbawa Besar, SR (23/04)

amdal

Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Sumbawa melakukan penilaian Lomba Ketahanan Keluarga tingkat Provinsi NTB di Balai Kesenian Dusun Pamulung, Desa Karang Dima, Kecamatan Labuhan Badas, Rabu (22/4). Ada 3 kegiatan penilaian yang akan diikuti desa tersebut yaitu Kategori Keluarga Harmonis, KB Lestari 15 Tahun, dan Kader BKB.

Pamulung Lomba 2Camat Labuhan Badas Drs Heri Herianto Diaz dalam sambutannya berharap agar kegiatan yang digelar ini mendapat perhatian yang maksimal sehingga Kecamatan Labuhan Badas bisa maju mewakili Provinsi NTB di tingkat nasional. Sementara Kepala BKBPP Kabupaten Sumbawa Ir A Yani menyampaikan, program ketahanan keluarga yang dikembangkan di Kabupaten Sumbawa merupakan komitmen kolektif dalam muatan kolektif akseleratif pembangunan pendidikan. Dengan gerakan program Posyandu dan PAUD telah menjadi Pilot Project nasional. Dalam dua tahun terakhir, BKBPP Kabupaten Sumbawa selalu masuk dalam tataran nasional terkait dengan pembangunan. Terkait dengan pembangunan penduduk tidak lepas dari pembangunan keterpaduan.

Pamulung Lomba 4Ketua Tim Penilai H Jamiluddin MM mengatakan, latar belakang dari kegiatan lomba tersebut tidak semata–mata untuk mencari penilaian tetapi menjawab beberapa isu strategis, dan isu global yang ada hubungannya dengan KB dan Pembangunan Keluarga yang pertama mengenai jumlah penduduk NTB yang hingga saat ini mencapai 5 juta jiwa. Unsur penilaian yang akan dinilai yaitu partisipasi para steakholder dari semua mitra kerja mulai dari kabupaten, kecamatan dan desa yang menjadi salah satu penilaian yang utama.

Baca Juga  PKK Latihan Keterampilan Membuat "Oleh Oleh"  Khas NTB

Asisten Pemerintahan Sekda Kabupaten Sumbawa DR HM Ikhsan M.Pd dalam arahannya, bahwa kelompok dan Kader BKB merupakan kelompok dan Kader BKB unggulan di Kabupaten Sumbawa yang telah meraih peringkat I dalam seleksi penilaian kelompok, Kader BKB dan keluarga harmonis tingkat Kabupaten Sumbawa. Dengan melihat kebersamaan dan kekompakan yang telah terbina, diharapkan hasil yang akan diraih dalam Penilaian Lomba Ketahanan Keluarga tingkat Provinsi dari waktu ke waktu semakin baik. Namun demikian, penilaian terhadap lomba ketahanan keluarga bukan hanya berorientasi juara, tetapi juga menjadi salah satu upaya pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Karena lomba tersebut merupakan salah satu indikator yang mempengaruhi IPM. Sehubungan dengan hal tersebut diharapkan lomba ketahanan keluarga tahun 2015 bisa lebih memotivasi semua pihak dan masyarakat pada umumnya sehingga benar-benar dapat memberikan konstribusi positif dalam pembinaan dan pengembangan keluarga dan juga berdampak positif kepada masyarakat luas. Lebih lanjut pada kesempatan tersebut diharapkan tim penilai lomba dapat melaksanakan tugas penilaian secara obyektif. (Jen)

iklan bapenda