Lahirkan SDM Handal, ULP Sumbawa Dibina LKPP RI

oleh -1 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (21/04)

Pembinaan Unit Layanan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (ULP) Kabupaten Sumbawa kembali digelar, Senin (20/4). Kegiatan ini dihadiri langsung oleh fasilitator pembinaan ULP dari LKPP RI Muhammad Firdaus dan Tonny Hidayat.

Calon SDM Handal
Calon SDM Handal

Dalam laporannya, Kabag APP dan LPBJP Sumbawa, Zulkifli S.Sos menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang pembentukan ULP yang sesuai dengan amanat undang-undang. Kegiatan yang diikuti 35 orang peserta ini menghadirkan narasumber dari instruktur nasional pengadaan barang/jasa pemerintah dari lembaga kebijakan pengadaan barang/jasa pemerintah (LKPP) dengan materi pembinaan tata kerja ULP, hubungan kerja antar organisasi pengadaan, pengembangan organisasi ULP, pengembangan dan pembinaan SDM (ULP), dan perhitungan skoring untuk pembentukan ULP.

Sementara itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Sumbawa Drs H Muhammading M.Si mengatakan, pemerintah daerah dewasa ini semakin dituntut untuk bisa mewujudkan suatu sistem pemerintahan yang efisien, bersih, transparan dan akuntabel. Tuntutan tersebut menghendaki tersedianya sumber daya aparatur yang handal. Pelaksanaan pengadaan barang/jasa dalam upaya mewujudkan tata pemerintahan yang baik (good governance) mengacu kepada prinsip-prinsip dasar yaitu  efisien, efektif, terbuka dan bersaing, adil atau tidak diskriminatif serta akuntabel. Hal tersebut sejalan dengan perubahan lingkungan strategis kebijakan pengadaan barang/jasa yaitu dengan semakin tingginya tuntutan pelaksanaan demokratisasi dan transparansi dalam semua aspek, di samping adanya pemberian kewenangan yang lebih luas kepada daerah dalam membangun sesuai semangat otonomi daerah, serta liberalisasi perdagangan, baik pemerintah maupun dunia usaha agar dapat melaksanakan pengadaan barang/jasa secara profesional.

Baca Juga  Manfaatkan Momen Dies Natalis UNSA, Mahasiswa Belajar Berwirausaha

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan sumber daya aparatur pemerintah khususnya pengadaan barang/jasa, Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah menerbitkan Peraturan Bupati Sumbawa No. 44 Tahun 2014 tentang unit layanan pengadaan barang/jasa Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan telah memiliki personel-personel yang khusus menangani pengadaan barang/jasa pemerintah di Bagian APP dan LPBJP Sekretariat Daerah Kabupaten Sumbawa berdasarkan Surat Keputusan Bupati Sumbawa No. 47 Tahun 2015.

Berkaitan dengan hal tersebut, jabatan para personel pengadaan barang/jasa pemerintah bersifat non struktural yang berfungsi untuk melaksanakan proses pengadaan barang/jasa di lingkungan pemerintah Kabupaten Sumbawa secara terpadu dan terintegrasi dengan peraturan perundang-undangan. Dalam hal melaksanakan tugas para personel pengadaan barang/jasa pemerintah merupakan tenaga aparatur yang terampil dan profesional yang telah memiliki sertifikat keahlian pengadaan barang/jasa sebagi bukti pengakuan atas kemampuan dan kompetensi pada bidang pengadaan barang/jasa.

Personel pengadaan barang/jasa Pemerintah Kabupaten Sumbawa berjumlah 20 orang. Mengingat tenaga aparatur Pemerintah Kabupaten Sumbawa yang menangani pengadaan barang/jasa pemerintah telah memiliki sertifikat keahlian pengadaan barang/jasa, maka proses pembinaan harus senantiasa dilakukan untuk menjaga kualitas sdm aparatur pengadaan barang/jasa Pemerintah Kabupaten Sumbawa.

Berkaitan dengan hal tersebut, Pemkab Sumbawa mengajak untuk senantiasa berupaya meningkatkan kemampuan dan produktivitas kerja masing-masing, karena tanpa upaya kearah itu maka tidak akan mampu melaksanakan tugas-tugas secara optimal. (*)

 

iklan bapenda