11 Nelayan Labuan Mapin Diselamatkan Nelayan Sulsel

oleh -1 views
bankntb

Semalam Terombang-ambing di Selat Makasar

Sumbawa Besar, SR (16/04)

amdal

Sedikitnya 11 nelayan lobster yang hilang ditelan ombak setelah kapalnya karam di Selat Makasar, berhasil ditemukan dan dalam kondisi selamat. Para nelayan asal Labuan Mapin Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa ini ditemukan nelayan Makasar yang kebetulan melintas di selat setempat setelah satu malam terombang-ambing gelombang. Kini mereka berada di Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan dan rencananya akan dipulangkan melalui penerbangan udara menggunakan Lion Air, Kamis (16/4) hari ini. Mereka akan dijemput Camat Alas Barat, Drs Iwan Sofian bersama Kabid Banjamsos Dinas Sosial, Syarifah S.Sos M.Si di Poto Tano yang kemudian dikawal hingga ke kediamannya masing-masing.

Camat Alas Barat, Drs Iwan Sofian, menyebutkan para nelayan ini adalah Jumadi, Ramayadi, Sabaruddin, Sabang, Yofan, Lidding, Budiman, Hafid, Nanang dan A Hafid, serta seorangnya lagi dari Pulau Bungin. Sebelumnya mereka meninggalkan Alas Barat menuju Selat Makasar untuk mencari lobster, 9 April 2015. Namun di Selat Makasar kapal tangkap lobster “Putri Amel” yang dinakhodai Jumadi sekaligus sebagai juragan dihantam ombak besar. Kapal tersebut hancur dan semua awaknya terlempar ke laut. Beruntung semuanya bisa berenang sehingga hanya membutuhkan tenaga untuk bisa selamat. Sepanjang malam mereka terombang-ambing. Beruntung kapal lain yang ditumpangi dua orang nelayan melintas dan langsung memberikan bantuan.

Baca Juga  Ungkap Pemerasan Via FB, Polres Sumbawa Hubungi Polda Sulsel

Keluarga yang mendapat informasi tenggelamnya kapal nelayan Labuan Mapin ini merasa resah. Sebab keluarga hilang kontak. Setelah empat hari, baru ada informasi dari pihak dinas sosial di sana. Komunikasi semakin mudah atas peran dan bantuan dr Eka—seorang dokter asal Sumbawa yang bertugas di Makasar. Dokter inilah yang memenuhi segala kebutuhan 11 nelayan tersebut termasuk membiayai tiket pesawat pemulangan dari Makasar menuju BIL. Nanti di BIL mereka akan disambut pihak Dinas Sosial Provinsi NTB untuk selanjutnya melalui jalur darat menuju Alas Barat dan akan diterima pemerintah Kecamatan Alas Barat yang didampingi perwakilan dari Dinas Sosial Sumbawa. “Kami sudah siap menyambut mereka. Alhamdulillah semua nelayan ini dalam keadaan sehat,” kata Camat Iwan Sofian sembari menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang membantu terutama pemerintah propinsi Sulawesi Selatan. (*)

iklan bapenda