Tentukan Calon, PPP Segera Gelar Muskerda

oleh -2 views
Kamaluddin ST M.Si, Wakil Ketua DPRD Sumbawa
bankntb

Kader PPP Jadi Rebutan

Sumbawa Besar, SR (14/4)

Sampai saat ini DPD Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Sumbawa belum menentukan siapa calon yang diusung pada Pilkada Sumbawa. Padahal sejauh ini sudah ada beberapa figure yang mendaftar serta sejumlah kader internal yang layak untuk diusung. Seperti HA Saad Abdullah ST (birokrasi), Ir H Ibrahim M.Si (birokrasi), HM Husni Jibril B.Sc (PDIP), dan Drs H  Mahmud Abdullah (Nasdem). Selain itu beberapa kader PPP yaitu Nurdin Ranggabarani SH MH, Kamaluddin ST M.Si, Rusli Manawari, HA Rakhman HMS S.Pd, Ismail SH dan M Nur S.Pd.I. Untuk menentukan siapa yang akan diusung dan partai mana yang dijadikan mitra koalisi, DPD PPP Sumbawa akan segera menggelar Musyawarah Kerja Daerah (Muskerda). Melalui Muskerda inilah yang akan menjaring dan mengerucutkan figur yang akan diusung. “Insha Allah Muskerda akan dilaksanakan dalam bulan ini,” kata Ketua DPD PPP Sumbawa, Kamaluddin ST M.Si di ruang kerjanya, Selasa (14/4).

Mengenai gambaran figur yang akan digadang, Kamal—sapaan akrabnya, menyebutkan sejumlah nama kader yang kini duduk di parlemen. Mereka layak dicalonkan karena merupakan kader terbaik dan berprestasi. Namun untuk mengusung paket pada Pilkada, PPP tidak dapat mandiri melainkan harus berkoalisi dengan partai lain untuk memenuhi syarat 9 kursi di DPRD Sumbawa. Tentu komunikasi politik akan dibangun dengan partai lain. Dari komunikasi politik inilah nanti akan lahir kesepakatan apakah yang diusung nanti kader sendiri atau memang orang di luar kader. “Kami tidak ingin maju hanya sekedar tercatat dalam sejarah Pilkada pernah menjadi calon bupati atau calon wakil bupati. Tapi kami ingin paket yang diusung PPP memenangkan Pilkada,” cetusnya.

Baca Juga  Doktor Zul Jadi Khotib Jum'at di Masjid Raya Bima

Ditanya adanya keharusan mengusung kader PPP pada Pilkada ? Kamal menyatakan bisa wajib dan bisa juga sunnat. Ketika kader PPP dianggap layak dan terbaik dibandingkan calon lain di luar partai serta adanya kesiapan kader dimaksud dari segala sisi, wajib hukumnya dalam paket Pilkada yang diusung PPP ada kader PPP. Jika sebaliknya kader tidak siap, sudah pasti kewajiban itu menjadi sunat dan PPP akan mengusung figur di luar kader. “Jangan kita mendorong motor mogok, karena kita tidak ingin sia-sia dalam mengusung calon. Meski di luar kader jika memiliki komitmen untuk membangun Sumbawa bersama PPP pasti akan didukung dan diusung,” tandasnya.  Untuk hal ini, PPP sudah membuka pendaftaran untuk menjaring figur di luar kader PPP dan ada beberapa nama yang sudah mendaftar lalu diusulkan ke DPP melalui DPW guna diproses untuk ditetapkan.

Direbut Partai Lain

Sementara itu beberapa figur PPP yang ramai menjadi pembicaraan saat ini dan menjadi rebutan partai lain. Mereka adalah Nurdin Ranggabarani SH MH, Kamaluddin ST M.Si dan H A Rakhman HMS S.Pd. Untuk Nurdin Raba diusung Gerindra menjadi calon Bupati berpasangan dengan H Irwan Rahadi ST (Gerindra), kemudian Kamaluddin dilirik PDIP untuk disandingkan dengan H Husni Jibril B.Sc. Sedangkan Haji Meng—sapaan H A Rakhman HMS S.Pd digadang HANURA untuk mendampingi H A Saad Abdullah ST.

Dimintai tanggapannya, Haji Meng menyatakan akan menyerahkan sepenuhnya pada mekanisme partainya. “Siap dan tidak siap itu tergantung partai. Saya adalah orang partai yang harus loyal pada perintah partai. Apapun keputusan partai saya akan mengikutinya,” pungkasnya. (*)

Baca Juga  Pilkada Sumbawa Akomodir Calon Independen

 

iklan bapenda