Batu Akik Sumbawa Merambah Pasaran Jakarta

oleh -4 views
bankntb

Jakarta, SR (07/04)

Perkembangan industri kreatif masyarakat di Kabupaten Sumbawa khususnya produksi pengrajin batu akik semakin banyak peminat. Sebab batu akik Sumbawa memiliki daya tarik yang eksotis dan dapat bersaing dengan batu akik lainnya di Indonesia. Salah seorang pemerhati atau pengusaha batu akik di Jakarta menjadikan batu-batu akik Sumbawa sebagai ikon bisnis batu akik. Pengusaha ini bekerjasama dengan ekplorer batu akik dari Sumbawa, H Ibeng yang dikenal sebagai owner Babes Stones yang bertekad mempromosikan batu akik Sumbawa sehingga setara dengan akik Aceh, Garut, Kalimantan dan daerah lainnya.

amdal
Wakil Bupati Sumbawa, Drs H Arasy Muhkan
Wakil Bupati Sumbawa, Drs H Arasy Muhkan

Wakil Bupati Sumbawa, Drs H Arasy Muhkan di Arena Tamini Gemstones Market di Pelataran Tamini Square Jakarta Timur berkesempatan untuk melihat secara langsung aktivitas Babes Stone dalam mempromosikan batu Sumbawa, Senin (6/4). Bahkan pejabat penggila batu ini didaulat untuk memberikan sambutan tentang perkembangan industry batu akik dan potensi batu akik di Kabupaten Sumbawa.

Dalam paparannya, Wabup menjelaskan bahwa batu akik yang selama ini beredar di pasaran Indonesia hampir semuanya dapat ditemukan di Sumbawa. Varian-varian batu akik tersebut adalah chrysocolla (pancawarna, hijau, biru, bunga, merah), sonora sunrice, chalcedony (Rafflesia chalcedony) , onyx,  labrador, oval/kalimaya (black oval, warna susu, fire oval), snowflake obsidian, biosolar, indocrase, flower jade, rhodonite atau batu pop ice Sumbawa, Amethyst, tourmaline, atau dalam bahasa local antara lain Black Lawen, Black Safir, Bulu Perindu, Red Ledang, Taman Perindu dan sebagainya. Pengrajin batu akik di Kabupaten Sumbawa telah mencapai angka seratusan lebih. Karenanya Wakil Bupati Sumbawa menyampaikan terima kasih kepada Babes Stone yang telah mengundangnya. Ia juga mengapresiasi atas kerjasama yang terjalin untuk mengangkat dan mempromosikan batu Sumbawa di tingkat nasional, sehingga dapat mendorong kualitas maupun kuantitas batu akik Sumbawa yang pada akhirnya akan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat yang bergerak di industri kreatif batu akik. Wakil Bupati Sumbawa berharap kedepan akan banyak lagi gallery-galery batu akik di Jakarta maupun kota lainnya yang menjadikan Batu Sumbawa sebagai materi bisnisnya.

Baca Juga  Menteri PUPR Jadi Tamu Kehormatan Mahasiswa Baru UTS 

Akik SumbawaDi sela-sela kunjungan ke Stand Babes Stone dan stand lainnya, kepada para pegiat batu akik Wakil Bupati menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sumbawa sedang menggalakkan sektor kreatif ini sebagai salah satu daya dorong dan daya tarik pariwisata di Kabupaten Sumbawa. Dan saat ini Bupati Sumbawa telah menginstruksikan instansi terkait untuk melakukan pemetaan potensi-potensi batu akik pada masing-masing kecamatan sebagai sumber informasi pengembangan industri batu akik di samping akan dirumuskan regulasi pengembangan pengelolaan batu akik di Kabupaten Sumbawa yang berwawasan lingkungan. “Melalui batu kita membangun persahabatan, membangun jaringan, dan tanpa mengenal asal-usul. Semoga Batu Akik Sumbawa akan semakin diminati oleh masyarakat Indonesia,” ucapnya.

Turut bersama Wakil Bupati Sumbawa selain rombongan Pemda Sumbawa termasuk Kabag Humas dan Protokol, Rachman Ansori M.SE, juga Kepala BPK RI Perwakilan NTB H Eldy Mustafa. (*)

 

iklan bapenda