PKS Sumbawa Siap ‘Jual’ Tiga Kadernya

oleh -3 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (06/04)

Dr H Zulkieflimansyah, M.Sc, Politisi PKS
Dr H Zulkieflimansyah, M.Sc, Politisi PKS

Sejumlah partai politik peserta pemilu di Kabupaten Sumbawa sudah memiliki figur yang akan diusung pada Pilkada Sumbawa 2015. Sebagian besar parpol tersebut mengusung kadernya, dan sebagian lainnya dari non kader. Sebut saja PAN mengusung kadernya, Burhanuddin Jafar Salam SH dan Muhammad Jabir SH MH. PPP juga dari kalangan kader yaitu Nurdin Ranggabarani SH MH dan Kamaluddin ST M.Si. Demokrat pun demikian. Selain Syamsul Fikri dan Baijuri Bulkiah dari kalangan kader, juga dikabarkan mengusung Ir H Mokhlis M.Si—non kader yang menjabat sebagai Kadis Pertanian NTB. HANURA yang telah mengusung H Saad Abdullah ST yang bukan kadernya melainkan seorang PNS yang kini menjabat sebagai Kadis PU Sumbawa. Sementara PDIP sudah memastikan mengusung H Husni Jibril B.Sc, dan Nasdem mengusung H Mahmud Abdullah, meski sebelumnya sempat dikabarkan mengusung Yahya Adam BA—calon dari birokrasi. Partai lainnya adalah Golkar mengusung Drs A Rahman Alamudy SH M.Si, dan Gerindra H Irwan Rahadi.

Lalu bagaimana dengan PKS yang terkesan hingga kini belum berani memunculkan figurnya. Dr Zulkieflimansyah M.Sc—politisi dan pengurus PKS pusat yang dihubungi tadi malam, mengatakan bahwa DPD PKS Sumbawa sudah layak untuk mengusung calonnya. Banyak kader potensial PKS yang patut menjadi perhatian meski hanya bisa merebut posisi sebagai calon wakil bupati. Hal ini mengingat PKS hanya mampu memperoleh 3 kursi di DPRD Sumbawa jauh dari persyaratan untuk mengusung calon yaitu harus memiliki minimal 9 kursi. Ada beberapa figur yang pantas untuk diusung PKS sebagai calon wakil bupati yaitu Sambirang Ahmadi S.Ag M.Si (mantan Ketua PKS Sumbawa), M Taqdir (Ketua PKS Sumbawa) dan Salamuddin Maula (Jalo) yang kini menjabat sebagai Ketua Fraksi PKS di DPRD Sumbawa. Ketiga kader PKS ini pantas menjadi pemimpin karena dinilai dari keteladanannya.

Baca Juga  Ada Gugatan, Pelantikan Kades Terpilih Ditunda

Disinggung mengenai Johan Rosihan ST, Doktor Zul sapaan akrab tokoh kharismatik ini menilai tidak pantas berada di posisi kedua sebagai calon wakil bupati. Johan Rosihan menurutnya lebih pantas menjadi calon bupati. Dan untuk memaksakan kehendak agar Johan diusung sebagai calon bupati masih sangat sulit karena kembali pada perolehan kursi PKS di DPRD Sumbawa.

Untuk memuluskan langkah PKS dalam meloloskan kadernya menjadi salah satu calon yang diusung pada Pilkada Sumbawa, partai tersebut harus membuka ruang komunikasi dengan partai lain. Tentunya partai koalisi yang mampu memenuhi persyaratan jumlah kursi. (*)  Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda