Operasi Simpatik Upaya Bangun Pencitraan

oleh -1 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (25/03)

kasatlantas Edy SKMulai 1 April 2015, jajaran kepolisian Polres Sumbawa akan menggiatkan Operasi Simpatik. Operasi yang digelar selama 21 hari ini akan melibatkan semua fungsi dengan mengedepankan fungsi lalulintas.

amdal

Kasatlantas Polres Sumbawa, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Edy Sudarma Korniawan S.Kom yang ditemui di ruang kerjanya mengatakan, sesuai dengan namanya, operasi ini lebih mengutamakan teguran daripada tindakan represif. Melalui operasi ini pelayanan yang diberikan kepolisian akan lebih ditingkatkan. Hal ini dilakukan dalam rangka membangun pencitraan kepolisian untuk menyambut HUT Bhayangkara 1 Juli mendatang.

Dalam prakteknya di lapangan, anggota akan mendepankan himbauan. Bagi pengendara yang tidak menggunakan helm dan lupa membawa surat kendaraan bermotor akan diberikan teguran. Berbeda dengan pengendara ugal-ugalan dan trek-trekan tetap dilakukan tindakan tegas berupa penilangan karena dikategorikan pelanggaran fatal dan membahayakan diri dan orang lain.

Meski lebih diutamakan teguran, AKP Edy—sapaan singkat Kasatlantas, masyarakat tetap dihimbau untuk selalu mematuhi aturan lalulintas dengan mengenakan helm standar saat mengendarai sepeda motor, melengkapi diri dengan surat kendaraan, serta kelengkapan tekhnis kendaraan. Hal tersebut untuk keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara, sekaligus sebagai upaya ikut mendukung terciptanya Kamtibcarlantas.

Sebab diakuinya, kasus kecelakaan lalulintas yang terjadi selama ini diawali dengan melakukan pelanggaran. Karena itu, angka pelanggaran harus ditekan agar kecelakaan lalulintas bisa diminimalisir. Tentunya ini bukan tugas polisi semata, melainkan tanggung jawab bersama. “Apapun keras dan giatnya upaya yang dilakukan polisi jika tanpa dukungan masyarakat maka hasilnya tidak akan maksimal,” pungkasnya. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda
Baca Juga  Hanya 5 Menit Beat Raib