Telkomsel Jamin Kualitas Layanan 4G LTE di Bali

oleh -11 views
bankntb

Gelar Open Drive Test bersama Media

Denpasar, SR (24/03) 

Telkomsel Grapari 1Telkomsel melakukan uji kualitas jaringan 4G LTE di berbagai wilayah di Bali dengan trafik layanan komunikasi terpadat di jalur Denpasar-Badung Selatan, antara lain Jalan Teuku Umar, Jalan Imam Bonjol, Jalan Sunset Road, dan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menjamin kenyamanan berkomunikasi pelanggan dalam menikmati layanan berbasis teknologi seluler terkini 4G LTE.

Pengecekan jaringan langsung dilakukan oleh GM ICT Operation Telkomsel Regional Bali Nusra Danny Agus Triawan bersama wartawan dengan menggunakan bus yang dilengkapi peralatan khusus Drive Test Monitoring Radio Cellular Performance yang dapat menampilkan performansi jaringan dari sisi ketersediaan sinyal dan kualitas jaringan.

Danny mengatakan, “Open Drive Test jaringan ini merupakan kegiatan quality assurance sebagai upaya untuk memastikan kenyamanan berkomunikasi bagi seluruh pelanggan di Bali yang sudah menggunakan layanan 4G LTE. Sebagai operator seluler pertama dan terdepan yang menggelar layanan 4G LTE secara komersial di Bali, kami bertanggung jawab menghadirkan layanan terbaik agar masyarakat dapat merasakan kualitas layanan 4G LTE yang optimal.”

“Kegiatan Open Drive Test yang hasilnya akan dilaporkan kepada seluruh stakeholders oleh wartawan ini merupakan bukti keseriusan Telkomsel dalam menghadirkan layanan berkualitas secara transparan, sekaligus mendukung upaya regulator dalam mewujudkan iklim kompetisi yang sehat berorientasi pada quality of service,” tambah Danny.

Telkomsel Grapari 2Pada Drive Test yang dilakukan Telkomsel, kekuatan sinyal 4G diukur dengan parameter Reference Signal Received Power (RSRP), sedangkan parameter untuk mengukur kualitas sinyal 4G disebut Signal to Noise Ratio (SNR). Sementara itu, parameter yang digunakan untuk mengukur kualitas layanan data 4G adalah FTP Throughput (tingkat kecepatan akses layanan).

Baca Juga  Kemenhub Bantu 30 Unit Bus Dukung Sukseskan Sail Moyo Tambora

Hasil Drive Test di wilayah Bali memperlihatkan kekuatan dan kualitas sinyal 4G Telkomsel secara umum baik. Hal ini ditunjukkan dengan angka RSRP -86.35 dBm dan SNR 14.94 dB. Sementara kualitas layanan data 4G yang salah satunya diukur melalui pengunduhan berbagai file dengan kapasitas 100 MB hingga 1 GB menunjukkan hasil yang baik, di mana angka rata-rata FTP Throughput 12.04 Mbps dengan Maximum Throughput 33.64 Mbps.

Kehadiran layanan Telkomsel 4G LTE diharapkan dapat memberikan pelanggan pengalaman mobile digital lifestyle yang sesungguhnya, di mana pelanggan dapat melakukan downloadupload, ataupun sharing berbagai jenis konten dalam file besar seperti foto, video, games, aplikasi dan lain sebagainya dengan lebih baik.

Untuk menghadirkan pengalaman terbaik kepada pelanggan di Bali dalam menikmati layanan 4G LTE, Telkomsel telah menggelar 154 eNode B atau BTS 4G yang mencakup 80 persen wilayah Kabupaten Badung dan 90 persen wilayah Kota Denpasar. Dengan memanfaatkan teknologi seluler generasi keempat tersebut, pelanggan dapat menikmati layanan berkecepatan akses data tinggi di ratusan lokasi yang tingkat penggunaan layanan datanya tinggi, antara lain di kawasan bisnis Teuku Umar, Imam Bonjol, Renon, dan Sanur, serta kawasan wisata  Kuta, Legian, Nusa Dua, Jimbaran, Garuda Wisnu Kencana (GWK), dan Uluwatu.

Untuk dapat segera menikmati layanan 4G LTE Telkomsel, selain harus menggunakan smartphone yang sudah mendukung layanan 4G, pelanggan juga harus memakai kartu perdana 4G LTE yang disebut USIM, yakni kartu perdana khusus dengan teknologi terkini untuk mendukung pengalaman akses layanan data berkecepatan tinggi. Pelanggan Telkomsel dapat menukarkan kartu perdananya dengan USIM di lima GraPARI yang berlokasi di Bali, yakni GraPARI Jalan Diponegoro Denpasar, GraPARI Jalan Gatot Subroto (Gatsu) Denpasar, GraPARI Mal Bali Galeria (MBG) Kuta, GraPARI Kutabex, dan GraPARI Nusa Dua. Masyarakat juga dapat membeli kartu perdana 4G LTE di seluruh GraPARI dan outlet seluler yang ada di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung.

Baca Juga  Semarak, BNI Gelar Khitanan dan Donor Darah

Telkomsel juga telah menjalin kerjasama dengan sembilan mitra 4G LTE international roaming di delapan negara, yaitu Maxis (Malaysia), SK Telecom (Republik Korea), SingTel (Singapura), Optus (Australia), Mobily (Arab Saudi), Vodafone (Inggris & Spanyol), CSL (Hongkong) dan Taiwan Mobile (Taiwan). Dengan demikian para pelanggan Telkomsel yang mengunjungi negara-negara tersebut tetap dapat terhubung dengan jaringan cepat 4G LTE. Hingga pertengahan tahun 2015, Telkomsel berupaya menggelar layanan 4G LTE secara komersial di tujuh wilayah di Indonesia, yakni Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar, dan Manado.

 

Hasil Drive Test Jaringan 4G LTE di Wilayah Bali

 

Parameter Kuantitas Kualitas
RSRP -86.35 dBm Baik
SNR 14.94 dB Baik
FTP Throughput* 12.04 Mbps Baik
Maximum Throughput 33.64 Mbps Sangat Baik

 

*) angka rata-rata berdasarkan pengunduhan berbagai file dengan kapasitas 100 MB hingga 1 GB. (*)

 

 

iklan bapenda