Sisihkan 330 Tim, Mahasiswa UTS Juara Hibah MITI Nasional 

oleh -21 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (24/03)

Dosen FTB UTS, tokoh  di balik kesuksesan Tim
Dosen FTB UTS, tokoh di balik kesuksesan Tim

Tim Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) kembali menorehkan prestasi nasional. Dengan menyisihkan 330 proposal dari 330 tim se Indonesia, mahasiswa UTS yang dipunggawai

Cendra Harri Pahlawan, Cindy Suci Ananda, Adelia Elviantari, Akbar Sukman Pradipta, Robby Sahrullah dan mahasiswa Fakultas Teknik Program Studi Metalurgi dan Material Angkatan 2013, berhasil pemenang nasional kompetisi Hibah MITI nasional. Dari kompetisi ini UTS menjadi salah satu dari lima tim yang berhak mendapatkan dana hibah.

Keberhasilan ini diraih setelah proposal berjudul Aplikasi Teknologi Kultur Jaringan Sederhana Pada Bisnis Sosial Pembibitan Rumput Laut Nori (Glacilaria sp) di Desa Labuhan Pade Kecamatan Utan Kabupaten Sumbawa, Provinsi NTB, menarik perhatian dewan juri. Sebab dalam proposal tersebut, program yang dilakukan Tim UTS bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dari budidaya rumput laut jenis eucheuma sp menjadi budidaya rumput laut nori yang daya jualnya lebih tinggi. “Teknik budidaya menggunakan teknologi kultur jaringan dipilih karena dengan teknologi ini bibit unggul dapat diperoleh dalam jumlah banyak dengan waktu yang relative singkat,” kata Kepala Program Studi (Kaprodi) Bioteknologi FTB UTS, Dwi Ariyanti S.Pt M.Biotech yang ditemui kemarin.

Melalui kegiatan ini, Dwi—akrab calon Dekan FTB ini berharap Tim UTS dapat memberikan pengetahuan dan raw model mengenai teknologi tepat guna yang dapat diterapkan pada kegiatan pembibitan rumput laut. Sehingga kedepannya kegiatan ini mampu memberikan sumbangsih terhadap pendapatan dan kesejahteraan masyarakat pesisir di Kabupaten Sumbawa.

Baca Juga  Kunjungi UTS, Gubernur dan Kapolda NTB Memotivasi Mahasiswa

Untuk diketahui, MITI (Masyarakat Ilmuan dan Teknologi Indonesia) merupakan LSM nasional yang bergerak di bidang IPTEK. Dibentuk pada Tahun 2004, MITI mengusung visi “Membangun Riset dan Kompetensi Mahasiswa Menuju Indonesia Maju dan Mandiri”. MITI melalui MITI Klaster Mahasiswa menyelenggarakan program Hibah MITI Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) dengan tema “Science, Technology, and Innovation (STI) for Sustainable Development” (Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi untuk Pembangunan Berkelanjutan). Melalui program ini, MITI mengundang seluruh mahasiswa dari penjuru nusantara untuk memberi konstribusi nyata pada perbaikan negeri dengan cara mengajukan proposal program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat.

Program yang diajukan oleh peserta diharapkan mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup mereka. Ke depannya membentuk masyarakat yang mandiri dan produktif menjadi bagian dari solusi dan berpartisipasi aktif dalam membangun negeri.

Tahun 2015 ini, topik yang diangkat pada Hibah MITI P2M adalah Energi Terbarukan (Renewable Energy), Agro Kompleks (pertanian, peternakan, perikanan), MIPA (Matematika, Kimia, Biologi, Fisika, Astronomi dan Geologi), Humaniora (Ilmu Sosial, Ekonomi dan Seni) Kesehatan dan Lingkungan. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda