Mahasiswa FTB UTS Kembali Magang ke Jepang

oleh -8 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (24/03)

Cindy Suci Ananda
Cindy Suci Ananda

Satu lagi mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) mendapat kepercayaan dari pemerintah Jepang. Adalah Cindy Suci Ananda—mahasiswa Fakultas Teknobiologi (FTB) menjadi kandidat penerima beasiswa untuk melakukan riset di National Institute of Material Science (NIMS) di Tsukuba–Jepang, salah satu laboratorium terbesar dunia. Cindy—sapaan putri kelahiran Pamanto, Kecamatan Tarano Sumbawa ini, menjadi satu-satunya dari Indonesia yang lolos dalam seleksi yang sangat ketat dan diikuti mahasiswa dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Kesuksesan Cindy mengikuti jejak rekan sefakultasnya Fahmi Dwilaksono yang pada periode sebelumnya berhasil mendapatkan beasiswa yang sama dan saat ini masih berada di Jepang menyelesaikan program magangnya hingga awal April mendatang dan sudah berlangsung sejak 5 Januari 2015. “Ini bukti nyata keseriusan Fakultas Teknobiologi UTS dalam menjaga komitmennya untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi putra-putri terbaik Sumbawa dengan memberikan kesempatan dan dukungan, serta pendampingan secara penuh dalam meraih sebuah impian dan masa depan,” ucap Kepala Program Studi (Kaprodi) Bioteknologi FTB UTS, Dwi Ariyanti S.Pt M.Biotech, Selasa (24/3).

Cindy, mahasiswa semester 4 FTB UTS yang merupakan Tim Leader Sumbawagen 2014 ini merasa bahagia dan sangat bersyukur atas keberhasilan tersebut. Rencananya, Cindy akan berangkat ke Jepang akhir tahun ini untuk menjalankan program magang di NIMS selama tiga bulan. Nantinya, supervisor Cindy di Jepang adalah Dr Tomohiko Yamazaki (Visiting Professor FTB UTS). “Kami berharap Cindy dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk mendalami riset di bidang bioteknologi kesehatan dan menyerap ilmu dan pengalaman yang akan diterima agar bisa diterapkan di Indonesia sekembalinya nanti,” kata Maya Fitriana, Dosen FTB UTS.

Baca Juga  24 Sekolah Terendam Banjir, Dua Paling Parah
Fahmi Dwilaksono
Fahmi Dwilaksono

Keberhasilan cindy memperoleh beasiswa magang ini menunjukan hasil evaluasi positif dari program magang periode sebelumnya yang dijalankan oleh Fahmi di NIMS, salah satu lembaga riset elit Jepang. Hal ini menunjukkan bahwa Universitas teknologi Sumbawa memang mengedapankan kualitas bagi pendidikan putra-putri terbaik Sumbawa.

Cindy yang merupakan alumni dari SMAN 1 Empang dan Fahmi yang merupakan alumni dari SMAN 1 Sumbawa besar merupakan mahasiswa FTB UTS yang terjaring melalui Jalur Lomba Aplikasi Bioteknologi Tahun 2013. Lomba Aplikasi Bioteknologi diadakan oleh Fakultas Teknobiologi dalam rangka mempersiapkan bibit mahasiswa FTB UTS yang nantinya akan dipersiapkan untuk mengikuti program-program internasional seperti magang di Jepang dan kompetisi iGEM di Boston, Amerika.

Selain melalui jalur Lomba Aplikasi Bioteknologi, saat ini Fakultas Teknobiologi UTS masih membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB), jalur Undangan dan tes mandiri. “Siswa yang berhasil memenuhi standar kualifikasi Fakultas Teknobiologi UTS berkesempatan untuk memperoleh beasiswa pendidikan serta akan dibimbing untuk mengikuti program-program nasional maupun internasional,” pungkas Sausan Nafisah—Dosen FTB lainnya. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda