Polisi Siapkan Rencana Pengamanan Pilkada Sumbawa

oleh -0 views
Simulasi Pengamanan Pemilu 2014
bankntb

Sumbawa Besar, SR (21/02)

Kapolres Sumbawa, AKBP Karsiman SIK MM
Kapolres Sumbawa, AKBP Karsiman SIK MM

Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Sumbawa sudah dekat. Tentu muncul harapan tidak hanya menghasilkan pemimpin pilihan rakyat, tapi juga pelaksanaannya sukses dan berlangsung kondusif. Karenanya sejak dini, persiapan untuk pengamanan sudah dilakukan jajaran kepolisian Polres Sumbawa.

amdal

Kapolres Sumbawa, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Karsiman SIK MM yang dikonfirmasi kemarin, mengatakan pihaknya telah menyiapkan berbagai rencana meliputi pengerahan personil yang disesuaikan dengan jumlah TPS, dan mengidentifikasi karateristik kerawanan wilayah, untuk disesuaikan dengan ketersediaan anggaran. “Semua kita sesuaikan baik personil yang dibutuhkan sesuai dengan kondisi wilayah, maupun ancaman-ancaman gangguan Kamtibmas,” kata Kapolres.

Persoalan ini diakui Kapolres, sudah dirapatkan di Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (FKPD). Dalam rapat itu, Pemda dan DPRD akan segera membahas anggaran pelaksanaan Pemilukada termasuk alokasi untuk petugas keamanan.

Disinggung mengenai kondisi wilayah saat ini, Kapolres menyatakan masih sangat kondusif meski suhu politik sudah mulai terasa menyusul adanya figure yang ingin mencalonkan diri. Namun ia tetap berharap kondisi ini tetap terjaga dan semakin ditingkatkan. Semua ini tidak hanya menjadi tugas petugas keamanan semata melainkan tanggung jawab bersama.

Sebelumnya Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa, Drs H Rasyidi menyebutkan Pemilukada Sumbawa rencananya digelar Desember 2015. Sumbawa masuk gelombang pertama pelaksanaan Pilkada karena masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa periode 2010—2015 akan berakhir Januari 2016. Mengenai anggaran pelaksanaannya, Sekda mengaku masih menunggu petunjuk pusat karena informasi akan dialokasikan melalui APBN. Meski demikian bukan berarti pemda tidak memiliki kewajiban, dan harus juga mempersiapkan anggaran yang nantinya akan dialokasikan melalui APBD-P. Pemda mengaku belum mengetahui berapa besar anggaran Pilkada, karena KPU belum mengajukan mengenai kebutuhan dana bagio pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.

Baca Juga  Usai Cuti Bersama, Satgas Rehab Rekon Siap Percepat Pembangunan Rumah Warga

Ketua DPRD Sumbawa, Lalu Budi Suryata SP menyatakan hal senada. Anggaran Pilkada ini akan kembali dibicarakan dengan Pemda. Sebelumnya dana Pilkada Sumbawa mencapai Rp 24 M untuk dua dan tiga putaran. Untuk Pilkada tahun ini hanya satu putaran dan dipastikan biayanya lebih kecil. “Kita akan mendorong percepatan pembahasan APBD-P,” tandasnya. (*) Baca juga di Gaung NTB 

iklan bapenda