Atasi Gangguan di Lenangguar, PLN Ganti Kabel

oleh -50 views

Sumbawa Besar, SR (21/02)

Hengky Purbo, PH Manager PLN Sumbawa
Hengky Purbo, Asmen Jaringan PLN Sumbawa

Listrik di Kecamatan Lenangguar padam lagi.  Pemadaman yang dimulai Senin (23/2) kali ini diperkirakan akan berlangsung hingga April 2015 mendatang. Daerah pemadaman ini meliputi Desa Lenangguar, Desa Tatebal, Rate, Ledang, Teladan, dan Desa Pemangong.

Asisten Manager (Asmen) Jaringan, Hengky Purbo Lesmono yang dihubungi tadi malam mengakui pemadaman tersebut sehubungan dengan adanya pekerjaan penggantian kawat penghantar A3C menjadi A3C-S sepanjang sekitar 12 kilometer. Ini dilakukan untuk mengurangi gangguan di Penyulang Lenangguar. Sebelumnya kabel A3C (kabel telanjang) kerap bermasalah karena sangat rentan tertimpa ranting ataupun binatang liar. Kondisi itu kerap menjadi penyebab pemadaman secara tiba-tiba, terlebih lagi di musim hujan saat ini. Untuk meminimalisir gangguan tersebut, dilakukan pergantian kawat penghantar dengan jenis A3C-S (kabel yang berisolasi) sehingga dari sisi keamanannya tetap terjaga. “Kalau ada ranting atau ular yang menyentuh kabel ini, listrik tidak akan terganggu,” katanya.

Jaringan listrik 3Hengky mengaku pergantian kabel ini sudah diusulkan dua tahun yang lalu dan baru terwujud Nopember 2014 menyusul datangnya material dan realisasi untuk pekerjaannya baru dilakukan Februari 2015 karena menunggu kondisi listrik normal. “Sekarang sudah tidak ada pemadaman setelah beroperasinya mesin sewa baru berkapasitas 5 MW di Badas. Kondisi normal inilah yang dimanfaatkan untuk mengerjakan jaringan Penyulang Lenangguar,” jelas Hengky Evolution—sapaan facebooknya.

Diakui Hengky, pekerjaan ini membutuhkan waktu yang cukup lama, karena jaringan tersebut melewati medan yang ekstrim seperti hutan lindung, bukit dan lembah. Selain itu dalam pengerjaan jaringan itu juga, pihaknya melakukan perbaikan tiang-tiang yang miring dan roboh. “Dengan adanya pemadaman ini kami beserta seluruh staf mohon maaf sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan pemakai jasa listrik PLN Area Sumbawa,” ucapnya.

Baca Juga  Miniatur Istana Dalam Loka Dilombakan

Jaringan listrik 5Di bagian lain Hengky menginformasikan bahwa Penyulang Lenangguar tidak lagi memiliki beban yang terlalu berat karena telah dipecah. Sebelumnya Penyulang Lenangguar melayani Batu Dulang, namun kali ini Batu Dulang telah memiliki penyulang sendiri. Dengan dipecahnya penyulang tersebut, gangguan yang terjadi dapat cepat teratasi. (*) Baca juga di Gaung NTB

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.