Abi Mang Siap Bersaing di Pilkada Sumbawa 

oleh -2 views
Kursi Panas !!!
bankntb

Sumbawa Besar, SR (17/02)

Drs A Rahman Alamudy SH M.Si, Ketua DPD Golkar Sumbawa
Drs A Rahman Alamudy SH M.Si, Ketua DPD Golkar Sumbawa

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sumbawa, Drs A Rahman Alamudy SH M.Si menyatakan siap maju sebagai calon Bupati Sumbawa pada Pilkada mendatang. Kesiapan ini apabila partainya menginginkan dirinya untuk bertarung. Sebab diakui Abi Mang—akrab politisi yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Sumbawa ini disapa, partainya lebih condong untuk mendukung kadernya daripada calon lain di luar partai. “Insha Allah saya siap kapan saja dan dimana saja mengarungi samudera yang luas,” ucapnya beri’tibar mengenai kesiapan pencalonannya.

Namun demikian, ungkap Abi Mang yang ditemui di ruang kerjanya, Senin (16/2), Partai Golkar tetap membuka diri untuk siapapun figur yang ingin melamar. Dan sejauh ini belum ada figur manapun yang datang atau menyatakan niat untuk menjadikan Golkar sebagai kendaraan politik pada Pilkada nanti. “Mungkin masih terlalu dini, tapi saya perkirakan seminggu atau dua minggu mendatang sudah ada yang datang meminang,” kata Abi Mang.

Meski demikian untuk mengusung salah satu calon, Abi Mang mengakui Golkar harus berkoalisi dengan partai lain untuk memenuhi persyaratannya. Golkar akan terbuka bagi partai lain dan bahkan akan proaktif membangun koalisi. “Saya mungkin orang pertama yang akan melamar ke PAN,” ujarnya setengah berkelakar sambil melirik Sekretaris PAN Sumbawa, Lukmanul Hakim SAP yang duduk di sampingnya.

Bagaimana soal dualisme kepemimpinan Golkar di pusat ? Abi Mang menyatakan sudah ada kejelasan karena yang berlaku adalah kepengurusan di Pekanbaru yang dianggap sah untuk melanjutkan proses Pilkada. “Baru kemarin saya terima suratnya, jadi insha Allah besok (hari ini, Red) saya berangkat ke Mataram dalam rangka konsolidasi,” ujarnya.

Baca Juga  Roadshow di Kota Mataram, Ketua PKK NTB Serahkan Bantuan

Konsolidasi ini salah satunya mengarah soal Pilkada. Dan sejauh ini belum ada keputusan dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Provinsi NTB tentang bakal calon dan berharap minggu depan sudah ada sikap politik dari partai berlambang pohon beringin ini.

Lukmanul Hakim, SAP, Sekretaris PAN Sumbawa
Lukmanul Hakim, SAP, Sekretaris PAN Sumbawa

Sementara Sekretaris DPD PAN Sumbawa, Lukmanul Hakim SAP mempersilahkan siapa saja yang ingin melamar partainya untuk Pilkada Sumbawa. Sebab selain internal, PAN juga akan menjaring calon eksternal. Namun secara resminya PAN akan membuka pendaftaran setelah Kongres di Denpasar Bali mendatang.

Diakui Lukman yang juga wartawan salah satu media ini, ada calon eksternal yang menawarkan diri, tapi secara kepartaian belum bisa memutuskannya. “Masih ada satu yang melakukan komunikasi politik dengan kami. Beliau dari kalangan birokrat,” bebernya.

Kendati Pilkada Sumbawa belum diketahui kapan pastinya, namun PAN sudah intens membangun komunikasi dengan sejumlah partai seperti Golkar, Gerindra dan parpol lainnya. Bahkan ada rencana parpol yang tergabung dalam KMP (Koalisi Merah Putih) membahas Rakernas terkait rencana Pilkada mendatang. “Saat ini kita masih membangun lobi-lobi politik dengan sejumlah partai untuk membicarakan siapa yang akan menjadi bupati dan siapa di posisi wakilnya,” demikian Lukman. (*) Baca juga di Gaung NTB

 

iklan bapenda