Perkuat Karakter Siswa, MTsN Sumbawa Gelar Lomba Cerita dan Pidato Islami

oleh -14 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR(13/02)

Adiat Hasan S.Ag Kepala MTsN Sumbawa
Adiat Hasan S.Ag Kepala MTsN Sumbawa

Banyak cara yang bisa dilakukan sekolah untuk menggali potensi yang dimiliki tiap siswanya. Lomba Cerita dan Pidato Islami yang dilaksanakan MTs Negeri Sumbawa belum lama ini bisa dijadikan contoh.

amdal

Meski masih diperuntukkan bagi siswa di internal madrasah tersebut, kegiatan yang ditujukan untuk siswa kelas VIII dan IX ini mendapat respon positif. Terbukti siswa yang mengikuti kegiatan ini terlihat antusias menyampaikan cerita dan pidatonya agar terpilih menjadi yang terbaik.

Untuk diketahui kegiatan ini merupakan program kerja Perpustakaan yang ada di madrasah bersangkutan. Sebelum lomba cerita dan pidato Islami ini digelar kata Kepala MTS Negeri Sumbawa, Adiat Hasan S.Ag, kegiatan yang sama juga pernah dilaksanakan, namun fokusnya seputar kisah 25 Nabi dan Rasul. “Kami dari madrasah sangat mengapresiasi kegiatan ini karena manfaatnya sangat baik terutama dalam penanaman karakter Islami bagi siswa,” ujarnya.

Nur Endang Marfani S.Pd Kepala Perpustakaan MTsN Sumbawa (Jilbab merah dua dari kiri) bersama rekan guru
Nur Endang Marfani S.Pd Kepala Perpustakaan MTsN Sumbawa (Jilbab merah dua dari kiri) bersama rekan guru

Didampingi Kepala Perpustakaan, Nur Endang Marfani S.Pd, Adiat menegaskan selain sebagai wadah menanamkan karakter Islami bagi siswanya, kegiatan itu juga sebagai ajang pencarian bibit unggul dalam bidang cerita dan pidato, dengan harapan ketika ada lomba di tingkat yang lebih tinggi mereka sudah siap. “Jadi tinggal dibina saja,” ucapnya.

Selain itu kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberikan kesempatan bagi peserta didik mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minatnya. “Tujuan akhir dari kegiatan ini kita ingin menciptakan siswa yang berani dan percaya diri,” timpalnya.

Baca Juga  Polres Lotim Pecahkan Rekor MURI

Pidato Siswa 1Dalam kegiatan ini lanjutnya, siswa sendiri yang menyiapkan materi sesuai minat dan kemampuannya. Referensi dari cerita dan pidato Islam ini bisa siswa peroleh dari Perpustakaan yang ada di madrasah serta melalui media internet. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda