Moyo Utara Tuan Rumah MTQ XXIX Kabupaten

oleh -3 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (09/02)

Drs H Baharuddin Maswarang, Kepala Kemenag Sumbawa
Drs H Baharuddin Maswarang, Kepala Kemenag Sumbawa

Kecamatan Moyo Utara mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ XXIX tingkat Kabupaten Sumbawa Tahun 2015. Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Sepak Bola Sebewe itu akan dilaksanakan Maret mendatang.

amdal

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumbawa, Drs H Baharuddin Maswarang mengatakan kegiatan ini akan dilaksanakan pada mingu kedua Maret dan mengenai tanggalnya akan dibahas lebih lanjut oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur`an (LPTQ).

Kegiatan MTQ tingkat kabupaten ini menurut Haji Bahar—sapaan akrabnya, sengaja dipercepat sebab pelaksanaan MTQ tingkat provinsi tahun ini bakal digelar Mei.

Selain itu ada asumsi, di Bulan April peserta yang lolos ke tingkat provinsi nanti dapat dibina lebih maksimal. “Sengaja kita percepat supaya pembinaan terhadap peserta yang menjadi duta ke provinsi nanti lebih optimal,” ujarnya.

Untuk cabang mata lomba masih sama seperti tahun lalu. Ada cabang Tilawah, Tartil Qur`an, Hifzhil Qur`an, Syahril Qur`an, Khathil Qur`an, Fahmil Qur`an, menulis kaligrafi dan menulis ilmiah Al-Qur`an. Masing-masing kecamatan juga tidak diperkenankan mengambil peserta dari luar Kabupaten Sumbawa. “Perbedaannya hanya di Qira`at saja. Kalau dulu pakai riyawat Imam Nafhi, sekarang yang digunakan Ibnu Katshir,” terang Haji Bahar, seraya menyatakan seluruh kecamatan saat ini tengah melakukan seleksi untuk mencari peserta terbaik yang diboyong ke MTQ kabupaten.

Untuk diketahui, prestasi Kabupaten Sumbawa pada MTQ Tingkat Provinsi NTB tahun lalu, hanya menduduki posisi ke 7 dari 10 kab/kota di NTB. Untuk tahun ini pihaknya berharap peserta yang mewakili Sumbawa dapat memberikan prestasi lebih baik lagi.

Baca Juga  Komunitas e-Sport dan Bale IT Sukses Gelar PUBG Mobile Tournament

Untuk mewujudkannya, peserta bakal dibina lebih serius lagi. “Tahun lalu, persiapan kita terbilang singkat. Tahun ini dengan jeda waktu yang cukup lama pembinaan akan dilakukan lebih awal dan lebih serius lagi,” pungkasnya. (*) baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda