Hadapi UN, SMPN 1 Sumbawa Gelar Try Out

oleh -1 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (09/02)

Sri Irianti S.Pd M.Pd Kepala SMPN 1 Sumbawa
Sri Irianti S.Pd M.Pd Kepala SMPN 1 Sumbawa

Tak terasa sebentar lagi siswa bakal dihadapkan lagi dengan Ujian Nasional (UN). Persiapan matang tentunya harus dilakukan agar hasil yang diraih lebih baik dari sebelumnya.

Dengan alasan meraih prestasi lebih baik, Senin (9/2) hari ini, SMP Negeri 1 Sumbawa mulai melaksanakan kegiatan try out (ujicoba). Untuk diketahui, ujian tahun lalu dari 10 peraih nilai terbaik untuk tingkat kabupaten, pelajar di salah satu sekolah unggulan dalam Kota Sumbawa itu menduduki peringkat 1 hingga 7.

Kepala Sekolah setempat, Sri Irianti S.Pd M.Pd mengatakan kegiatan try out yang digelar selama empat hari hingga 12 Februari itu akan diikuti 222 siswa kelas IX. Agar siswa tidak kagok menghadapi ujian sesungguhnya nanti, pelaksanaan try out ini disetting layaknya UN. Di Try Out ada empat mata pelajaran yang diujikan yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA dan Matematika. “Semua soal dibuat oleh guru di sini dengan tetap mengacu ke Standar Kompetensi Lulusan (SKL),” ujarnya.

Sebelum kegiatan ini digelar, sekolahnya sudah melakukan pemantapan sejak Oktober 2014 lalu. Kegiatan Try Out sendiri dimaksudkan sebagai evaluasi atas pemantapan yang sudah dilakukan sebelumnya. “Rencananya Try Out ini kita gelar dua kali. Hasilnya nanti kita sampaikan kepada orang tua, dengan maksud mereka juga memberikan dukungan dan motifasi kepada anaknya untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin, manakala hasil yang didapat di Try Out ini kurang memuaskan,” terangnya.

Baca Juga  TGB : Sekolah Perjumpaan Medium untuk Saling Menghargai

Dengan persiapan yang sudah dan akan dilakukan ini, Sri optimis siswanya mampu memberikan hasil lebih baik lagi  pada pelaksanaan ujian tahun ini. “Paling tidak dengan bekal yang diberikan sekolah, siswa dapat mempertahankan prestasinya. Apapun mekanisme yang diterapkan dalam UN kali ini, SMP 1 Sumbawa selalu siap,” demikian Sri Irianti. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda