Bupati: Ayo Sukseskan AUYS 2016 !

oleh -2 views
bankntb

“Saya Bangga UTS Mampu ‘Jual’ Sumbawa”

Sumbawa Besar, SR (03/02)

Munira didampingi Mahasiswa FEB UTS Menjadi Salah Satu Pembicara dalam AUYS 2015
Munira didampingi Mahasiswa FEB UTS Menjadi Salah Satu Pembicara dalam AUYS 2015

Bupati Sumbawa, Drs Jamaluddin Malik menyatakan rasa bangga atas terpilihnya Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menjadi tuan rumah pelaksanaan ASEAN University Youth Summit (AUYS) Tahun 2016. Sebab terpilihnya UTS menjadi tuan rumah di tengah gencarnya daerah dan negara lain mengajukan diri untuk menjadi penyelenggara event pertemuan pemuda internasional ini. UTS dinilai telah mampu meyakinkan dunia khususnya lingkup ASEAN terhadap potensi yang dimiliki Sumbawa dan NTB pada umumnya sehingga mereka tertarik dan menjatuhkan pilihan. “Ini tidak terlepas dari upaya UTS dalam mempromosikan potensi Sumbawa di Forum AUYS Malaysia sehingga Kabupaten Sumbawa ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan AUYS 2016,” kata JM—sapaan akrab Bupati.

Bersama Jen Wartawan Gaung NTB
Bersama Jen Wartawan Gaung NTB

Tentunya sebagai kepala daerah, patut memberikan apresiasi yang tinggi atas upaya nyata ini. Sebagai bentuk respon terhadap kebanggaan tersebut, ungkap JM, tentu membutuhkan kesiapan yang matang dari semua pihak. Karenanya Bupati menghimbau kepada seluruh masyarakat Sumbawa untuk turut menyukseskan event ini dengan selalu menjaga kondusifitas daerah dan semangat kebersamaan. Di samping itu Bupati meminta SKPD terkait untuk menyiapkan diri melalui rencana program yang dapat mendukung event yang berskala internasional ini. Kepada pelaku usaha bidang pariwisata di Sumbawa juga diminta mempersiapkan diri memanfaatkan momen tersebut dengan baik tentu meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana yang dimilikinya.

Baca Juga  Qurban di Balai Prasarana Jalan, Berbagi dan Bersantap
UTS Perkenalkan Sumbawa Melalui Tari "Samawa Tana Bulaeng" di Forum ASEAN Malaysia
UTS Perkenalkan Sumbawa Melalui Tari “Samawa Tana Bulaeng” di Forum ASEAN Malaysia

Untuk diketahui terpilihnya UTS ini diumumkan pada acara penutupan AUYS 2015 di Hotel EDC, Universitas Utara Malaysia, 28 Januari lalu yang diikuti dengan penyerahan bendera AUYS dari Dr Massudi Mahmuddin selaku Pejabat Dekan Pembangunan Pelajar UUM kepada Wakil Rektor III UTS, Muhammad Nurjihadi M.Si yang ikut mendampingi 10 siswanya yang menjadi delegasi Indonesia.

Panitia UYS yang juga Dekan Fakultas Komunikasi dan Informatika UUM, Dr. Bahtiar Mohamad BBA, M.Sc, PhD mengatakan, berlanjutnya kegiatan AUYS di Sumbawa Tahun 2016 mendatang akan semakin meningkatkan peran pemuda terutama dalam membantu menyelesaikan berbagai persoalan yang mengemuka di lingkup ASEAN.

Untuk pelaksanaan AUYS di Sumbawa, Doktor Bahtiar berjanji siap menjalin kerjasama dengan UTS selaku penyelenggara baik dalam bentuk promosi hingga materi yang di perlukan untuk suksesnya kegiatan dimaksud. Doktor Bahtiar juga berjanji akan mengupayakan semua negara ASEAN untuk hadir lebih banyak di banding tahun 2015 yang di hadiri sekitar 300 mahasiswa. “UTS harus terus menjalin komunikasi dengan kami karena kami berharap kegiatan AUYS yang di laksanakan UTS jauh lebih sukses,” ucapnya.

AUYS UTS 1Sementara Rektor UTS diwakili Warek III, Muhammad Nurjihadi M.Si menyampaikan terima kasih kepada semua Universitas se-ASEAN yang menunjuk UTS sebagai tuan rumah AUYS 2016. “Ini di luar dugaan tapi kami sebagai tuan rumah akan berbuat maksimal untuk hasil yang terbaik,” katanya.

Baca Juga  DPRD KSB Minta APBD Perubahan Segera Dibahas

Karena intensifnya UTS mempromosikan potensi daerah baik di dalam forum maupun melalui komunikasi langsung dengan jajaran UUM. Terkait dengan penunjukan itu lanjut Jihad, UTS akan menggunakan konsep berbeda dalam pelaksanaannya yakni tidak hanya monoton berdiskusi di dalam ruangan, melainkan di padukan dengan outbond. Para peserta konfrensi akan di ajak berkeliling untuk melihat potensi yang dimiliki Sumbawa di beberapa tempat seperti kerajinan, madu Sumbawa, susu kuda liar, serta alam wisata untuk mendukung investasi di bidang pariwisata. Namun demikian kegiatan tersebut harus mendapat dukungan pemerintah daerah maupun pusat karena eventnya berskala dunia. “ Kami akan berupaya memberikan yang terbaik. Semoga melalui event ini Sumbawa semakin dikenal dunia, “ demikian Jihad. (*) Baca juga di Gaung NTB

 

iklan bapenda