Kades Lekong Alas Barat Jadi Tersangka

oleh -10 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (03/02)

Ijazah Palsu 1Kasus ijazah palsu yang menyeret SU—oknum anggota DPRD KSB mendekam di balik jeruji besi, sepertinya bakal dialami oknum Kepala Desa Lekong Kecamatan Alas Barat, MK. Pasalnya belum lama ini penyidik Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Sumbawa telah menetapkan oknum Kades yang terpilih melalui Pilkades 2013 tersebut sebagai tersangka.

amdal

Hal ini dibenarkan Kapolres Sumbawa yang dikonfirmasi melalui Kaur Bin Ops (KBO) Reskrim, IPTU Muaji, Senin (2/2). Menurut Muaji—akrab perwira ramah ini disapa, penetapan status tersangka ini setelah penyidik melakukan pemeriksaan puluhan saksi baik di dalam maupun di luar daerah sejak kasus itu dilaporkan pada 14 April 2014 lalu. Dalam laporan terungkap ijazah yang diduga palsu itu digunakan oknum kades saat mengikuti Pilkades. Saat itu dia menyertakan dua ijazah yakni SD dan SMP sebagai salah satu persyaratan. Ketika ditelusuri ijazah dengan nomor 20 OB ob 0451614 Tahun 1985 yang dikeluarkan SMP Muhammadiyah Mataram ini bukan atas nama MK melainkan Muhammad Yusuf—keponakan tersangka. “Kami sudah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pihak di SMP bersangkutan untuk memastikan dugaan pemalsuan itu,” kata Muaji.

Terkait dengan proses penyidikan, Muaji mengaku sudah mengirim berkas tahap pertama ke Kejaksaan Negeri Sumbawa untuk dilakukan penelitian bagi penyempurnaan berkas perkara. Dalam berkas itu, tersangka dijerat pasal 263 ayat (1 dan 2) KUHP dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.

Baca Juga  Semalam, Dua Rumah Dirampok

Sementara itu Kajari Sumbawa, Sugeng Hariadi SH MH membenarkan telah menerima pelimpahan berkas perkara kasus dugaan ijazah palsu dengan tersangka oknum Kades. Saat ini berkas tersebut sedang diteliti dan jika terdapat kekurangan akan dikembalikan untuk disempurnakan penyidik kepolisian. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda