Tarian ‘Samawa Tana Bulaeng’ Goyang Panggung ASEAN

oleh -15 views
Tarian Samawa Tana Bulaeng meriahkan AUYS 2015 di Malaysia
bankntb

Malaysia, SR (29/01)

AUYS Tim 4Tarian ‘Samawa Tana Bulaeng’ menjadi sajian penutup ASEAN University Youth Summit di Hotel EDC UUM, Sintok, Kedah, Malaysia, Rabu (28/1). Penampilan apik berdurasi 10 menit yang disuguhkan 10 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) ini mendapat sambutan hangat dan aplus panjang para pejabat di Kedah Malaysia Utara dan ratusan peserta AUYS dari berbagai negara di ASEAN. Meski ‘ngumang’ sebagai pembuka tarian tak begitu dimengerti, namun iringan suara serunai yang berpadu dengan gerakan gemulai para penari berpakaian adat Samawa ini membuat para tamu terkagum-kagum. Kekaguman tak surut ketika Dimas Cs ini turun panggung karena sejumlah tamu termasuk panitia berebutan untuk berfoto bersama.

amdal

AUYS Tim 3Sebelum beratraksi, Indria Arbia Rahim didampingi Putri Munira, Munyta Mentari, Yulia Sasmiranti, Ragil Hidayat, Dimas Juniar Pratama, Yuni Mahardianti, Nadhira Rosalina, Budy Subiyarto, dan Ishom Robbani, memperkenalkan tentang Sumbawa. Di atas panggung megah ini, mereka menyebutkan bahwa Samawa merupakan sebutan lain dari Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat bagian dari Propinsi Nusa Tenggara Barat. Dengan berbagai potensi sumber daya alam yang dimiliki, menjadikan Samawa (Sumbawa) salah satu daerah yang subur dan makmur serta sangat kondusif sebagai daerah investasi.

Disupport Peserta AUYS dari Berbagai negara
Disupport Peserta AUYS dari Berbagai negara

Di bagian lain, Indri—sapaan akrab mahasiswa UTS asal Cianjur Jawa Barat dengan menggunakan Bahasa Inggris yang cukup fasih menjelaskan tentang Tarian Samawa Tana Bulaeng yang mereka tampilkan. Tarian itu menurutnya menggambarkan atau mengungkapkan keramah-tamahan masyarakat Sumbawa dalam menyambut pendatang dari suku bangsa manapun dan berkulturasi dengan masyarakat setempat. Diramu dari berbagai gerak dasar tari daerah Samawa yang diperkaya dengan bermacam kesenian lainnya seperti ngumang dan langko, menjadikan Tarian Samawa Tana Bulaeng sebagai suguhan atraksi seni budaya yang menarik dan atraktif.

Baca Juga  Dubes Indonesia untuk Korsel: Tak Ada Mahasiswa NTB yang Telantar

Untuk diketahui dari puluhan perguruan tinggi di ASEAN, hanya lima yang diminta naik panggung menyuguhkan seni dan budaya termasuk UTS dan UIN Jakarta yang mewakili Indonesia. dalam kegiatan bertajuk “Rehearsal for Perfomance” ini UIN Jakarta menampilkan Tarian Lenong Betawi. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda