Sumbawa Bertabur Prestasi

oleh -5 views

Sumbawa Besar, SR (23/01)

Bupati dan penghargaanHari bersejarah Kabupaten Sumbawa kembali diperingati, pada tahun 2015 ini Kabupaten Sumbawa memasuki usia yang ke-56 tahun. Pada momentum peringatan tahun 2015 ini, mengangkat tema “kerja keras, kerja cerdas, kerja cermat, kerja ikhlas dan kerja tuntas untuk mewujudkan Kabupaten Sumbawa yang lebih maju dan berdaya saing”.

DPRD

Dalam masa pemerintahan Drs. H. Jamaluddin Malik dan H Arasy Muhkan, memasuki tahun terakhir dari periode 2011-2016, berbagai keberhasilan pembangunan yang telah dicapai, bahkan telah pula mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat maupun provinsi NTB. Sepanjang tahun 2014, beberapa penghargaan yang kita peroleh diantaranya Penghargaan atas laporan keuangan pemerintah daerah dengan opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) tahun 2012 dan 2013 dari BPK RI. Reward program yang diberikan oleh pemerintah pusat sebesar RP. 22.052.000.000, dan Rp. 23.543.992.000.

penghargaan Hijau 1Berikutnya Nominasi terbaik nasional (kabupaten paling siap) ‘Indonesia – Spasial Data Infrastructur Readiness Index’ atas prestasi pengelolaan portal informasi geospasial dan simpul jaringan dalam perencanaan pembangunan daerah dari Badan Informasi Geospasial RI. Atas prestasi tersebut, belum lama ini Bappeda Kota Bekasi telah berkunjung untuk melakukan studi banding ke Kabupaten Sumbawa. Ketiga, Kabupaten terpilih bersama 7 kabupaten lainnya se Indonesia sebagai wilayah pengembangan ternak kerbau di Indonesia dari Kementerian Pertanian RI.

penghargaan wahana tata nugrahaLalu, juara nasional Kelompok Agribisnis Sapi Potong kategori Eksibisi Ekstensif (Kelompok Tani Ternak Mitra Abadi, Desa Leseng, Kecamatan Moyo Hulu.

Kelima, Tropy Wahana Tata Nugraha,  juara I Nasional Tertib Lalu Lintas Dalam Kota kategori Kota Sedang dari Kementerian Perhubungan RI. Berikutnya Terminal Sumber Payung sebagai Terminal Penumpang Terbaik II, kegiatan Wahana Tata Laksana kategori Kota Sedang dari Menteri Perhubungan RI.

Ketujuh,   Piagam Penghargaan Tim Pelaksana P2KH tahun 2014 atas prestasi dan kinerja dalam pelaksanaan Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) 2011-2012 dari Ditjen Penataan Ruang Kementerian PU dan Perumahan Rakyat RI.

Bupati Drs H Jamaluddin Malik dan Kadis PU, H Saad Abdullah ST
Bupati Drs H Jamaluddin Malik dan Kadis PU, H Saad Abdullah ST

Prestasi keren berikutnya adalah Sebagai Kabupaten terbaik III Nasional Sub Bidang Penataan Ruang dari Kementerian PU dan Perumahan Rakyat RI. Reward program yang diperoleh dari pemerintah pusat sebesar Rp 2 milyar rupiah. Menjadi Kabupaten Peduli HAM tahun 2014 dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

Baca Juga  Hadapi Musim Hujan, Pemkab Sumbawa Segera Bangun 1.500 Huntara

Prestasi lain, Juara I Nasional Pengelolaan Dana BOS diraih oleh SMPN 1 Labuhan Badas. Selanjutnya juara I Nasional Lomba Bina Keluarga Balita (BKB) diraih oleh BKB Kecamatan Lopok dari BKKBN RI.

Sumbawa juga mendapat Trophy Raksaniyata dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. (merupakan trophy yang ketiga kalinya diperoleh Kabupaten Sumbawa dan tahun 2014 Kabupaten Sumbawa adalah Kabupaten Terbaik Pertama dalam Mengendalian Lingkungan dan Penyelenggaraan Program Menuju Indonesia Hijau 2014). Selanjutnhya Juara Pertama Lembaga PKBM Berprestasi Tingkat Nasional, yang diraih oleh PKBM Pantai Selatan Kecamatan Lunyuk.

Untuk tingkat propinsi, Juara I Lomba Kelurahan diraih oleh Kelurahan Pekat, Juara I Lomba Kecamatan Sayang Ibu  diraih oleh Kecamatan Plampang.

Lalu Juara I Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Provinsi NTB tahun 2014 dari Gubernur NTB, diraih oleh SMPN 1 Sumbawa dan TK. Bhayangkari Sumbawa (akan diikutsertakan dalam Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional tahun 2015). Ada juga Juara I Lomba Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan. Di samping itu, Sumbawa mendapat Penghargaan Percepatan Penerapan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten).

Kemudian Peringkat I dalam Penerapan Standar Pelayanan Minimal “SPM Award” kategori 15 Bidang SPM Kabupaten/Kota se-NTB tahun 2014, Peringkat I dalam Penerapan Standar Pelayanan Minimal “SPM Award” Bidang Pendidikan Kabupaten/kota se-NTB tahun 2014.

Prestasi lainnya, Juara I (medali emas) Liga Pendidikan Indonesia (LPI) dipersembahkan oleh SMPN 1 Labuan Badas. Selain beberapa penghargaan yang diperoleh Kabupaten Sumbawa tersebut, kepercayaan pemerintah pusat kepada Kabupaten Sumbawa semakin menunjukkan peningkatan, dengan ditunjuknya Bupati Sumbawa maupun beberapa kepala SKPD dalam rapat-rapat kerja tingkat Nasional baik sebagai leader, public lecture, keynote speaker maupun narasumber/pembicara nasional.

Tercatat, Bupati Sumbawa ditunjuk sebagai Ketua Sidang Regional Ketahanan Pangan Wilayah Indonesia Bagian Timur di Manado. Bupati Sumbawa sebagai salah satu Public Lecture  pada “Urban Greening Gorum ke-3”  di Kementerian PU dan Perumahan Rakyat RI.

Berikut, Kepala Bappeda Sumbawa, mendapat kepercayaan sebagai Keynote Speaker pada Workshop Nasional Pengelolaan Data dan Informasi Spasial untuk Wilayah Pesisir di Jakarta.

Demikian juga dengan Kepala BKBPP Kabupaten Sumbawa, sebagai salah satu pembicara pada acara “Akselerasi Program BKB Holistik Integratif dan Generasi Berencana (Genre) Tingkat Nasional Tahun 2014” di Bandung Jawa Barat.

Baca Juga  Tambora Miliki Tempat khusus di Hati Masyarakat Internasional

Kepala Dinas Partanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Sumbawa, juga dipercaya sebagai salah satu Keynote speaker pada Temu Kemitraan Jagung Tingkat Nasional tahun 2014 di Bogor. Pun juga Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa, sebagai pembicara pada Pertemuan Forum Industrialisasi Perikanan Budidaya di Bandung.

Selain itu Kabupaten Sumbawa juga mendapatkan kepercayaan dari beberapa pihak lainnya melalui kerjasama dalam rangka meningkatkan pembangunan daerah yang berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat.

Diantaranya, Kerjasama program Pengurangan Resiko Bencana Dalam Memperkuat Ketangguhan Masyarakat Terhadap Bencana Tahun 2013 antara Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Bappeda Kabupaten Sumbawa dengan Oxfam GB Secure Project.

Ada pula Kerjasama Operasional (KSO) Hatchery tahun 2014 antara Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Sumbawa dengan The Green Mirage AB.2/6 untuk mendukung ketersediaan benur/benih udang vaname dan ikan lainnya di Kabupaten Sumbawa.

Selanjutnya, Kerjasama Ilmu Pengetahuan dan Teknologi  Dalam Perkembangan Ternak Kerbau Sumbawa antara Pemerintah Kabupaten Sumbawa dengan International Buffalo Federations (IBF) dalam upaya memajukan peternakan kerbau di Kabupaten Sumbawa.

Semua prestasi dan apresiasi yang diperoleh Kabupaten Sumbawa selama ini menurut Bupati Sumbawa, adalah rahmat dan nikmat dari Allah SWT yang telah dicurahkan kepada Kabupaten Sumbawa sebagai buah dari kerja keras atas dukungan segenap elemen masyarakat Sumbawa.

“Atas nama Pemerintah Daerah kami menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada segenap elemen masyarakat Sumbawa, yang selama ini telah bersama-sama mendukung dan menyukseskan terselenggaranya program-program pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Sumbawa yang kita cintai ini,” kata Bupati.

Ia juga mengapresiasi seluruh SKPD beserta jajaran instansi vertikal, BUMN, BUMD dan duania usaha atas kebersamaan itu. “Terima kasih atas dedikasi, partisipasi dan kebersamaan selama tahun 2014, tingkatkan kinerja dan prestasi di tahun 2015,” ajak Bupati yang dituangkan dalam sebuah baliho raksasa di halaman Kantor Bupati Sumbawa. (*) Baca juga di Gaung NTB

DPRD DPRD