Jayalah Sumbawaku

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (23/01)

Dirgahayu 1Kabupaten Sumbawa yang terkenal dengan sebutan Tana’ Samawa kelahirannya tidak lepas dari kelahiran Bangsa Indonesia  yang diplokamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945. Selanjutnya, pemerintah di Tana’ Samawa menjadi Swapraja Sumbawa yang bernaung di bawah Provinsi Sunda Kecil, sejak saat itu pemerintah terus mengalami perubahan mencari bentuk yang sesuai dengan perkembangan yang ada sampai dilikuidasinya daerah Pulau Sumbawa pada tanggal 22 Januari 1959.

Hari ini, Kamis 22 Januari 2015 Kabupaten Sumbawa merayakan hari jadinya ke 56 tahun. Upacara peringatan HUT ini dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Sumbawa. Turut hadir dalam upacara tersebut Wakil Gubernur NTB beserta istri, Sekda Sumbawa, Bupati dan Walikota se NTB, para Kepala FKPD Kabupaten Sumbawa, Kepala SKPD, Toga, Toma, dan para pelajar Kota Sumbawa. Upacara dibuka dengan atraksi drumband dari SDN 6 Sumbawa, dan Grup Drumband Gita Sabalong Samalewa.

Dirgahayu 2Upacara yang berlangsung sangat khidmad tersebut dipimpin Wakil Bupati Sumbawa Drs H Arasy Muhkan sekaligus membacakan sambutan Bupati Sumbawa. Wabup menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada segenap elemen masyarakat Sumbawa yang selama ini telah mendukung dan menyukseskan terselenggaranya program-program pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Sumbawa.

Banyak makna strategis yang dapat dipetik sebagai hikmah dari peringatan HUT Kabupaten Sumbawa yaitu momentum upacara hendaknya dijadikan sebagai wahana reflektif untuk melakukan serangkaian evaluasi atas apa yang telah dilaksanakan dalam perjalanan sejarah Kabupaten Sumbawa. Pada momentum tersebut juga dituntut untuk mengasah kepekaan dan kejelian serta kemampuan mengidentifikasi persoalan-persoalan strategis yang tengah dialami oleh daerah di masa kini dan masa depan, untuk kemudian diramu berbagai formula sebagai agenda mewujudkan masa depan Sumbawa yang lebih baik dan Samawa mampis rungan. Yang sangat penting adalah hendaknya dalam momentum tersebut dijadikan wahana untuk meneguhkan komitmen, bersatu padu memberikan karya dan prestasi yang terbaik bagi Tana Samawa sesuai dengan kapasitas, kapabilitas dan kompetensi masing-masing.

Baca Juga  Lembah Perung “Surga” Bagi Pemancing

Harapannya, makna strategis ini akan senantiasa melekat di dalam peri kehidupan masyarakat sebagaimana hikmahnya telah dirasakan selama ini. Segala keberhasilan yang diraih bersama telah mampu menjadi spirit kerja keras semua baik jajaran pemerintah, swasta maupun masyarakat dalam bidang masing-masing, sehingga agenda-agenda pembangunan yang masih tersisa akan dapat dituntaskan sesuai

dengan harapan bersama. Untuk itu sangat relevan apabila pada momentum peringatan Hari Ulang Tahun ke-56 Kabupaten Sumbawa tahun 2015, diangkat tema “Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Cermat, Kerja Ikhlas dan Kerja Tuntas untuk Mewujudkan Kabupaten Sumbawa Yang Lebih Maju Dan Berdaya Saing”.

Memasuki tahun terakhir dari periode RPJMD 2011-2015, perlu kiranya di kesempatan tersebut, hendaknya semua merefleksikan diri terkait perjalanan pemerintahan dan pembangunan sepanjang periode. Beberapa penghargaan yang diperoleh oleh Kabupaten Sumbawa selama ini, kepercayaan pemerintah pusat kepada kabupaten sumbawa semakin menunjukkan peningkatan, dengan ditunjuknya Bupati Sumbawa maupun beberapa Kepala SKPD dalam rapat-rapat kerja tingkat nasional baik sebagai leader, public lecture, keynote speaker maupun narasumber/pembicara nasional. Selain itu juga kepercayaan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat yang telah menunjuk Kabupaten Sumbawa sebagai tuan rumah penyelenggaraan STQ Provinsi NTB tahun 2014 dan Hari Pangan Se-Dunia tingkat Provinsi NTB yang berjalan dengan sukses.

Kabupaten Sumbawa juga mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari beberapa pihak lainnya melalui kerjasama dalam rangka meningkatkan pembangunan daerah yang berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat. Ucapan terima kasih dan penghargaan kepada pendahulu-pendahulu, para pemimpin dan segenap masyarakat Tana’ Samawa pada zamannya, atas pengabdian dan jasa-jasa besarnya dalam merintis, membangun dan kemudian mewariskan daerah ini kepada kita semua.

Baca Juga  Sumbawa Eksport 30 Ribu Ton Jagung ke Filipina

Diakhir Upacara dilaksanakan penyerahan Souvenir berupa Batu Akik Sumbawa dari Wakil Bupati Sumbawa kepada Wakil Gubernur NTB, dari Ibu Wakil Bupati Sumbawa kepada Ibu Wakil Gubernur NTB, serta kepada tamu undangan VIP. “DIRGAHAYU KABUPATEN SUMBAWA YANG KE-56 TAHUN 2015” (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda