Batu Mulia Sumbawa Dieksebishi

oleh -7 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (23/01)

Wagub NTB H Muh Amin Didampingi Wabup Sbw H Arasy Muhkan
Wagub NTB H Muh Amin Didampingi Wabup Sbw H Arasy Muhkan

Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-56 Kabupaten Sumbawa, Pemerintah Kabupaten Sumbawa menggelar eksibisi Batu Mulia Sumbawa yang berlangsung di Ruang Terbuka Hijau Jalan Mangga, yang diikuti oleh sejumlah pengrajin dan penggila Batu dari seluruh kecamatan.

Pada kegiatan yang dibuka oleh Wakil Gubernur NTB H Muh Amin SH MSi itu disamping memamerkan berbagai model Batu Mulia Sumbawa, baik yang masih dalam bentuk material dan bahan setegah jadi juga memamerkan barang jadi baik dalam bentuk cincin, kalung atau perhiasan lainnya. Eksibisi tersebut sekaligus menjadi ajang transaksi jual beli.

Eksebishi 2Mendampingi Wakil Gubernur NTB, sejumlah pejabat di lingkup Pemda Sumbawa, diantaranya Wakil Bupati Sumbawa Drs H Arasy Muhkan, Sekda Sumbawa, anggota Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (FKPD), para kepala SKPD, para Camat.

Sementara itu Wakil Bupati Sumbawa dalam sambutannya, menyatakan bahwa Kabupaten Sumbawa memiliki beragam batu mulia yang nilai dan kualitasnya tidak kalah dengan batu-batu ada di luar negeri.

Menurut H An—sapaan Wakil Bupati Sumbawa, beberapa batu mulia yang ada dan terkenal di luar negeri, setelah dilakukan ekplorasi ternyata juga dapat ditemukan di beberapa kecamatan di Kabupaten Sumbawa, seperti Black Oval ternyata ada di Empang, Kalimaya ada di Kecamatan Plampang, Ruby ada di Maronge, dan beberapa kecamatan lain juga menyimpan batu mulia yang kualitasnya baik.

Baca Juga  Didampingi Gubernur, Mensos RI Kunjungi Korban Gempa NTB

Batu-batu mulia tersebut kata H An, kalau dipoles, disentuh dengan seni akan menjadi sebuah karya seni yang memiliki nilai ekonomis tingi. Karenanya H An berharap dengan adanya kerajinan yang menjadi aktifitas baru warga Sumbawa ini, diharapkan dapat membuka pelung dan potensi pendapatan baru bagi masyarakat Sumbawa.

Apalagi katanya dalam waktu dekat ini akan berlangsung kegiatan secara nasional yakni Tambora Menyapa Dunia, diharapkan agar keberadaan Batu Mulia Sumbawa ini menjadi salah satu souvenir pada even dunia tersebut. “Mudah–mudahan kegemaran baru masyarakat ini dapat menjadi semangat baru bagi para pengrajin, dalam meningkatkan perekonomian,” harapnya.

Sementara itu Wakil Gubernur NTB M. Amin, SH, MSi yang membuka secara resmi Eksibisi Batu Mulia Sumbawa itu dalam arahannya menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan baru masyarakat Sumbawa.

Kegiatan tersebut menurut H Amin, merupakan bentuk ekonomi kreatif masyarakat yang menghasilkan nilai ekonomi. “Melalui sumber daya alam yang telah dianugerahkan ini, saya berharap agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sebaik-baiknya,” kata Haji Amin.

Kedepan H Amin berharap agar melalui kerajinan tersebut akan terbentuk sebuah komunitas baru dengan kreatifitas baru, yang tentunya akan mengarah kepada pembentukan Koperasi sehingga pengelolaannya dapat dilakukan secara terorganisir.

Pemerintah provinsi dalam hal ini katanya akan memfasilitasi dengan bersedia memberikan dukungan memfasilitasi, yang penting hasil kerajinan dapat dikemas dengan baik.

Seusai membuka, Wagub NTB, Wabup dan para petinggi Sumbawa berkeliling ke seluruh stand. Ia kagum terhadap aneka jenis batu mulia yang dipamerkan. Ia pun berjanji akan segera mengucurkan bantuan khusus kepada segenap pengrajin potensial. Wagub juga sempat berbelanja cincin bersama Kapolres dan Kajari Sumbawa yang ikut mendampingi. Nilainya lumayan, Rp. 2 juta.

Baca Juga  Jembatan Dirobohkan Tanpa Jalan Alternatif, Tiga Dusun Terisolir

Selain berbelanja Wagub dan istri Ny Syamsia banyak dihadiahi cincin oleh pengrajin. H Amin yang terlihat sumringah pun membalas kebaikan para pengrajin itu dengan janji memberi bantuan. “Tolong catat nama kelompok dan anggotanya, nanti saya bantu mesin,” janji Wagub.

Wabup Sumbawa pun menyambut janji Wagub NTB dengan riang gembira. Ia lalu memerintahkan kepada Kabag Humas selaku inisiator kegiatan bersama Kabag Pemerintahan untuk mendata  para pengrajin untuk segera dikirim ke Wagub. “Nama kelompok dan anggota per kecamatan sudah ada sebagian, nanti kami lengkapi,” jawab Kabag Humas dan Protokol Setda Sumbawa, Rahman Ansori MSE. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda