Batu Cincin Cindera Mata HUT Sumbawa

oleh -1 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (23/01)

Wagub NTB dan Wabup Sumbawa Pamer Batu
Wagub NTB dan Wabup Sumbawa Pamer Batu

Pada puncak perayaan HUT Kabupaten Sumbawa yang berlangsung Kamis (22/01) kemarin, Pemda Sumbawa membagikan souvenir berupa Batu Sumbawa kepada tamu undangan yang berasal dari luar daerah.

Pemda Sumbawa melalui Humas dan Protokol Setda Sumbawa setidaknya menyiapkan sekitar 40 cincin dengan mata Batu Akik Sumbawa untuk dibagikan kepada tamu tersebut, termasuk diberikan kepada Wakil Gubernur NTB, H Muh Amin SH MSi dan Ibu Hj Syamsiah Amin.

Sekda Sumbawa, Drs H Rasyidi yang dimintai tanggapannya kepada Gaung NTB, menyampaikan bahwa pemberian cenderamata sekaligus untuk memperkenalkan kepada mereka bahwa Kabupaten Sumbawa memilik batu mulai yang tidak kalah dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

Dengan pemberian tersebut katanya, diharapkan agar mereka dapat menyampaikan atau menceritakan kepada warga mereka di tempat masing-masing sehingga Batu Mulia Sumbawa ini dapat dikenal di luar yang pada akhirnya mereka akan berburu batu tersebut di daerah ini. “Kita memiliki batu yang kualitasnya tidak kalah dengan batu-batu dari daerah lain, dengan harapan kedepan akan diekplorasi oleh pengrajin baik dari dalam daerah maupun luar daerah,” harapnya.

Untuk kedepan katanya, diharapkan Batu Mulia Sumbawa ini tidak hanya disiapkan sebagai souvenir atau pemberian, tetapi diharapka agar dapat dikelola dengan baik oleh pengrajin, sehingga dapat menjadi pendapatan bagi masyarakat.

Potensi Batu Mulia Sumbawa ini kata H Rasyidi, sangat banyak dan tersebar di semua kecamatan. Masing-masing wilayah  katanya memilik ciri khas, kemudian dapat digarap oleh seluruh elemen masyarakat dari masyarakat tingkat atas hingga bawah, karena untuk mendapatkannya dan mengelolanya tidak memerlukan alat berat.

Baca Juga  Tri Satriawansyah Ketua HIPMI Sumbawa Terpilih

Sementara untuk kedepan, pemerintah merencakan akan memberikan dukungan dan bantuan kepada pengrajin, seperti juga dijanjikan oleh pemerintah Provinsi melalui Wakil Gubernur NTB, yang merencanakan akan memberikan bantuan peralatan kepada kelompok pengrajin, dengan harapan akan semakin memotivasi pengrajin untuk lebih maju dan mengelola batu dengan baik.

Untuk diketahui kata H Rasyidi, bahwa ekplorasi batu Mulia Sumbawa ini tidak merusak lingkungan karena tidak menggunakan peralatan berat, kemudian juga tidak menggunakan bahan kimia berbahaya seperti mercury.  Pengambilannya di alam tidak dengan cara menambang sehingga tidak merusak permukaan tanah secara luas. “Ekplorasi Batu Mulia Sumbawa ini sangat mudah dan aman, karana dapat ditemukan di semua tempat, di permukaan tanah,” demikian Sekda Sumbawa. (*)

iklan bapenda