April, Newmont Kantongi Perpanjangan Ijin Eksport

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (24/01)

H Muh Amin SH M.Si, Wagub NTB
H Muh Amin SH M.Si, Wagub NTB

PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) akan mendapat perpanjangan ijin eksport hasil tambang dari Kementerian ESDM pada April 2015. Informasi ini diungkapkan Wakil Gubernur NTB, H Muh Amin SH M.Si saat dikonfirmasi usai meresmikan Gedung Kantor PD BPR NTB Sumbawa, Rabu (21/1).

amdal

Saat ini ungkap Wagub, proses perpanjangan perijinan sedang dibicarakan terutama soal pembangunan smelter yang dibangun untuk mengolah hasil tambang PTNNT. Jika memang tidak mampu secara tekhnis maupun financial membangun smelter, PTNNT dapat bekerjasama dengan perusahaan smelter. Apalagi PTNNT juga sudah menyetorkan dana kesungguhan U$ 250 juta, sebagaimana jaminan keberlanjutan investasi mereka terutama di NTB.

Ditanya apakah ada persyaratan yang diajukan Pemprov NTB terhadap PTNNT dalam membangun posisi tawar ? Haji Amin—akrab Wagub ramah ini disapa, mengaku belum membicarakannya, asalkan ada jaminan PTNNT untuk tetap beroperasi. Pemda Sumbawa, KSB dan Pemprov NTB tetap berkomitmen agar perusahaan yang berkantor pusat di Denver Colorado Amerika Serikat ini tetap bisa beroperasi. Sebab terlalu besar resiko kerugian yang dirasakan apabila PTNNT stagnan atau berhenti beroperasi sebagaimana yang pernah dialami. “Konstribusi bagi daerah akan tersendat, dan banyak tenaga kerja yang dirumahkan bahkan di PHK, ini yang kita tidak inginkan,” jelas Haji Amin.

Pemprov tidak menginginkan investasi sebesar ini berhenti, sementara semua inestasi yang sudah ada harus diproteksi dan dijaga. Iklim investasi tetap dijaga dan harus ada kepastian hukum sehingga terus berkesinambungan. “Saya bersama Gubernur memiliki komitmen dan tidak ingin Newmont berhenti beroperasi. Sebaliknya Newmont juga diharapkan memiliki komitmen yang sama untuk bisa memberikan jaminan tetap bisa beroperasi,” demikian pungkasnya. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda
Baca Juga  Bertemu Wamen BUMN dan Investor, Gubernur Bahas Proyek The Mandalika