Sambut HUT Sumbawa, BKBPP Berikan Layanan KB Gratis

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (21/01)

Wabup Sumbawa, Drs H Arasy Muhkan
Wabup Sumbawa, Drs H Arasy Muhkan

Berbagai cara dan kegiatan yang dilaksanakan dinas instansi di lingkup Pemda Sumbawa untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Sumbawa ke-56. Selain memeriahkan HUT yang jatuh pada 22 Januari ini, kegiatan tersebut sudah pasti bermanfaat bagi masyarakat dan pembangunan di daerah. Seperti yang dilakukan Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) dengan menggelar Puncak Pekan Pelayanan KB Gratis, Pemeriksaan Golongan Darah, dan Pengecekan Gula Darah yang diperuntukkan bagi semua masyarakat Kota Sumbawa di RTH Taman Mangga, Selasa (20/1).

amdal
Kepala BKBPP Sumbawa, Ir A Yani
Kepala BKBPP Sumbawa, Ir A Yani

Kegiatan yang merupakan salah satu momentum penting dan sangat strategis dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke 56 Kabupaten Sumbawa ini dihadiri Sekda Sumbawa, Anggota FKPD, Ketua GOW, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Camat, dan Kepala SKPD.

Kepala BKBPP Kabupaten Sumbawa selaku Seksi Bakti Sosial HUT Ke 56 Kabupaten Sumbawa, Ir A Yani melaporkan, pekan pelayanan KB gratis di seluruh kecamatan Kabupaten Sumbawa telah berlangsung dari tanggal 12 Januari 2015 dengan menyasar 1.221 Akaseptor  terdiri dari IUD 180, Implant 484, Suntikan 468, Pil 74 dan Kondom 15 Akseptor. Pemeriksanaan Golongan Darah Gratis sebelumnya dilakukan di Pesantren Abubakar, Pesantren Muhammadiyah, dan Pesantren NWDI yang melibatkan seluruh santri. Kegiatan puncak pelayanan KB gratis diintegrasikan dan dipadukan dengan pemeriksaan PAP Smear sebanyak 389 orang, pemeriksaan gula darah yang bekerjasama dengan Balai Laboratorium Kesehatan Masyarakat Pulau Sumbawa dengan 100 sasaran.

Baca Juga  Kadikes Sesalkan UGD Puskesmas ‘Dijaga’ Kambing

Wakil Bupati Sumbawa Drs H Arasy Muhkan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih khususnya kepada keluarga besar BKBPP yang telah bekerja keras dan bekerja cerdas dalam rangka menggerakkan masyarakat untuk ikut serta dalam ber-KB. Menurut Haji An—sapaan singkat Wabup, KB bukan hanya mengatur pembatasan kelahiran tetapi bagaimana menjaga dan mengatur jarak kelahiran agar ibu rumah tangga bisa beraktualisasi dengan lingkungan sekitarnya. “Ber-KB tidak hanya memperbanyak keturunan tetapi bagaimana merencanakan dengan baik agar menghasilkan generasi penerus yang unggul,” kata H An.

Berbagai prestasi yang telah diraih BKBPP hendaknya dijadikan contoh untuk memperbaiki diri guna menyempurnakan lagi kinerja BKBPP Sumbawa dimasa mendatang, sehingga akan menghasilkan prestasi yang lebih banyak lagi.

Di akhir kegiatan dilakukan peninjauan lokasi KB Gratis, Pemeriksaan Golongan Darah dan Pemeriksaan Gula Darah oleh Wakil Bupati Sumbawa bersama para undangan. (*)  Baca juga di Gaung NTB

 

iklan bapenda