Gerakan Irigasi untuk Tingkatkan Produksi Pertanian

oleh -1 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (21/1)

Wabup, Dandim, Ketua PN dan Wakapolres Sbw jadi 'tukang batu'
Wabup, Dandim, Ketua PN dan Wakapolres Sbw jadi ‘tukang batu’

Kementerian Pertanian Republik Indonesia melakukan Pencanangan Gerakan Irigasi Melalui Peletakan Batu Pertama secara serentak di seluruh Indonesia dalam rangka Pengembangan Jaringan Irigasi pada Tahun 2015, Senin (19/1). Untuk di Kabupaten Sumbawa Khususnya dilaksanakan di Kelompok Tani Saling Beme Desa Leseng Kecamatan Moyo Hulu.

amdal

Kepala Dinas Petanian Kabupaten Sumbawa, Ir Talifuddin M.Si dalam laporannya menyampaikan sasaran dari perbaikan pengembangan jaringan irigasi adalah peningkatan jumlah produksi padi dengan target perbaikan jaringan irigasi seluas 111 ribu hectare, dengan peningkatan produksi minimal sebesar 10 persen pada Tahun 2015 atau sekitar 40 ribu ton. “Selain pupuk, jaringan irigasi merupakan salah satu hambatan bagi pertumbuhan pertanian,” sebut Talif—akrab pejabat ramah ini disapa.

Sementara Dandim 1607 Sumbawa, Letkol Inf Agus Supriyanto dalam sambutannya mengatakan, TNI ikut terlibat dalam program pertanian ini karena ingin ikut membantu mensejahterakan masyarakat. Yang menjadi prioritas tugas TNI yaitu swasembada pangan selama tiga tahun, pemberantasan narkoba, perambahan hutan, dan masalah infrastruktur. Program swasembada pangan selama tiga tahun, TNI menargetkan menjadi dua tahun. “Semoga apa yang dicanangkan hari ini berhasil dijalankan, sehingga tidak perlu lagi mengimpor hasil pertanian dari luar,” kata Dandim.

Di tempat yang sama Wakil Bupati Sumbawa Drs H Arasy Muhkan menyatakan, untuk menuntaskan swasembada pangan adalah dukungan irigasi karena hal yang sangat penting untuk tercapainya target. Melalui pengembangan jaringan irigasi tersier ini ketersediaan air tercukupi. Diharapkan, dengan pencanangan tersebut, perbaikan irigasi dapat terlaksana dengan baik dan sukses serta memberikan konstribusi positif sehingga kedepan akan meningkatkan hasil panen para petani.

Baca Juga  UTS Siap Diback-up Basis Industri yang Kuat

Mengingat masih besarnya potensi pertanian khususnya tanaman pangan di Kabupaten Sumbawa, maka program dan kegiatan dengan sumber pendanaan dari pusat masih sangat dibutuhkan. Untuk itu diperlukan pengawalan dan pendampingan para stakeholder terutama Tentara Nasional Indonesia (TNI) demi tercapainya target dimaksud. Atas nama pemerintah Kabupaten Sumbawa, Wabup menyampaikan terima kasih kepada Kodim 1607 Sumbawa atas kerjasama dan juga Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian atas program-program yang telah dialokasikan di Kabupaten Sumbawa.

Diakhir kegiatan, Wakil Bupati Sumbawa bersama Dandim 1607 Sumbawa, Ketua Pengadilan Negeri Sumbawa, Perwakilan Polres Sumbawa, dan Kadis Pertanian melaksanakan peletakan batu pertama di saluran irigasi yang akan dibangun. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda