Bupati Lepas Mahasiswa FEB UTS ke Malaysia

oleh -3 views
bankntb

Menjadi Delegasi Indonesia untuk AUYS 2015

Sumbawa Besar, SR (21/01)

amdal
Mahasiswa UTS bercengkrama dengan Sekda H Rasyidi
Mahasiswa UTS bercengkrama dengan Sekda H Rasyidi

Bupati Sumbawa secara resmi melepas keberangkatan 10 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) sebagai delegasi Indonesia untuk mengikuti Forum “ASEAN University Youth Summit (AUYS) 2015” di Universitas Utara Malaysia (UUM), Malaysia, yang diselenggarakan pada 26-29 Januari 2015.

Mahasiswa ini akan bergabung dengan universitas terkemuka lainnya di Indonesia maupun negara lain se-ASEAN. Dalam pertemuan itu nanti mereka akan membahas tentang peran pemuda dan mahasiswa dalam masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) dan global serta berbagai isu tentang pemuda dan solusi dari segala permasalahan yang dihadapi pemuda di negara ASEAN. Pertemuan tersebut juga membahas platform bagi pengembangan mahasiswa di lembaga-lembaga tinggi belajar, khususnya di kawasan asia  serta mendorong keamanan, perdamaian, dan kemakmuran di antara negara-negara anggota ASEAN. Selain itu juga membahas masalah lingkungan, pariwisata dan intracultural (budaya) masing-masing negara peserta.

UTS Malaysia 2Hadir mendampingi mahasiswa di Kantor Bupati Sumbawa, Selasa ( 20/1), di antaranya Wakil Rektor ( Warek) III Bagian Kemahasiswaan, M Nurjihadi M.Si dan Dekan FEB, Abdul Hadi Ilman MPP, serta Kepala Bagian Kehumasan UTS, Dina Raisya Rasyidi S.Sos.

Bupati Sumbawa yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Drs H Rasyidi menyampaikan kebanggaannya kepada mahasiswa UTS yang dipercaya menjadi delegasi Sumbawa dan Indonesia ke kancah dunia. Hal ini membuktikan bahwa SDM yang dimiliki Sumbawa tidak kalah dengan SDM negara lain. Artinya mereka mampu bersaing dengan mahasiswa lain yang mungkin negaranya lebih maju dari Indonesia. Ia berharap mahasiswa UTS dapat membawa nama baik daerah dan almamater di Kuala Lumpur tempat diselenggarakannya AUYS 2015. “Pandai-pandailah membawa diri di negeri orang, sampaikan tentang segala hal yang membanggakan bagi daerah ini apakah adat dan budaya maupun potensi yang dimiliki,” pesan Sekda.

Baca Juga  SMPN 1 Unter Iwes Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1441 H

UTS Malaysia 3Kemudian ilmu dan wawasan yang diperoleh dari hasil pertemuan itu juga diharapkan dapat memotivasi diri, mahasiswa lain dan masyarakat untuk meningkatkan kompetensi sehingga mampu mengejar kemajuan Negara lain. “Kami ingin mahasiswa UTS mampu membuka jaringan dengan mahasiswa dari Negara lain yang pastinya akan bermanfaat bukan hanya bagi dirinya tapi juga daerah,” ujarnya.

Sementara itu  Putri Munira didampingi rekannya Munyta Mentari, Yulia Sasmiranti, Ragil Hidayat, Dimas Juniar Pratama, Yuni Mahardianti, Indria Arbia Rahim, Nadhira Rosalina, Budy Subiyarto, dan Ishom Robbani, menyatakan akan selalu ingat pesan Sekda. Mereka nantinya akan berupaya maksimal untuk mempromosikan potensi yang dimiliki Sumbawa tidak hanya sumber daya alamnya (SDA) tapi juga sumber daya manusianya. Ini dimaksudkan agar Sumbawa khususnya semakin dikenal luas sehingga muncul keinginan investor Negara lain untuk berinvestasi di daerah ini.

Selain menyampaikan ide, gagasan dan aspirasi pemuda Sumbawa,  momentum ini akan dimanfaatkan untuk mengembangkan kemampuan diri serta ajang tukar fikiran dengan mahasiswa dari negara lain. “Kami juga akan memperkenalkan seni dan budaya Sumbawa melalui tarian yang akan kami tampilkan dalam ajang pertemuan itu,” demikian Putri. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda