Belasan Tahun Menunggu, 43 Warga Trans Segera Miliki Lahan

oleh -7 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (19/01)

LabangkaSetelah menunggu selama kurang lebih 19 tahun, sebanyak 43 warga Transmigrasi Swakarsa Mandiri (TSM) di Labangka IV Desa Suka Damai Kecamatan Labangka segera menerima pembagian lahan.

Untuk diketahui, sejak ditempatkan Tahun 1995 lalu, baru 211 dari 254 warga yang sudah mendapatkan sertifikat lahan seluas 1 hektar per KK. Sementara 43 warga lainnya sampai hari ini belum mendapatkan haknya.

Hal ini menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa, melalui Kabid Transmigrasi Zaenal Abidin S.Sos, karena saat penempatan ada beberapa warga trans inti yang masuk ke TSM dan mengklaim lahan tersebut milik mereka, sehingga ada warga TSM yang tidak kebagian lahan.

Kini persoalan itu segera teratasi setelah pihaknya bersama Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishubtbun), Sat Pol PP, Camat, Kepala Desa (Kades) dan perwakilan warga yang belum menerima lahan, menemukan lahan seluas 51 hektar di luar kawasan hutan berlokasi di Gunung Malang Desa Suka Damai. “Rencananya lahan inilah yang akan dibagikan untuk 43 warga ini. Lahan ini sudah dikelola mereka selama 6 tahun,” ujarnya.

Dengan tersedianya lahan seluas 51 hektar ini sambungnya, diharapkan persoalan belum diberikannya lahan bagi 43 warga TSM dapat dituntaskan. “Insha Allah setelah pendataan dari Camat dan rekomendasi dari Dishutbun turun, bulan depan kita lakukan pengukuran. Setelah itu baru dibagikan,” pungkasnya. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda
Baca Juga  Wabup Sebut Pengembangan Pariwisata KSB dan Bali Berbeda