Khaeruddin Ketua DPC PBB Sumbawa

oleh -12 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (29/12)

PBB PartaiMusyawarah Cabang (Muscab) Partai Bulan Bintang (PBB) Kabupaten Sumbawa menetapkan Khaeruddin SE sebagai ketua terpilih periode 2014—2019. Khaeruddin terpilih melalui votting yang diikuti 28 peserta terdiri dari pengurus PAC, pengurus DPC, Badan Otonom, Badan Kehormatan (BK), Majelis Pertimbangan Cabang (MPC) dan Anggota Fraksi (PBB) DPRD Sumbawa.

Dalam votting tersebut Khaeruddin memperoleh 27 suara sementara saingannya Syaiful Berlian hanya mendapat satu suara. Hadir dalam Muscab yang digelar di Aula SMK Negeri 1 Sumbawa Besar, Rabu (24/12) lalu ini di antaranya Ketua DPP PBB Ir H Edi Wahyuddin MBA,  Ketua DPW PBB NTB yang juga Bupati KSB, KH Zulkifli Muhadli SH MM dan Bupati Sumbawa, Drs H Jamaluddin Malik, serta segenap kader partai besutan Prof Dr Yusril Ihza Mahendra.

Ketua DPW PBB NTB, KH Zulkifli Muhadli SH MM dalam arahannya meminta pengurus baru DPC PBB Sumbawa untuk bekerja keras dan ikhlas dalam menyongsong persaingan pada Pemilu 2019 mendatang. Hal ini harus dilakukan mengingat hasil raihan PBB pada pemilu 2014 di setiap daerah secara nasional tidak signifikan. Namun Kyai Zul—akrab Ia disapa, tidak menampik perolehan suara dan kursi PBB yang merosot disebabkan karena keterlambatan partai ini ditetapkan sebagai peserta pemilu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). “Ketika partai lain sudah jalan terlampau jauh kita baru masuk arena melakukan berbagai persiapan,” katanya.

Salah satu strategi yang akan dilakukan ke depan ungkap Kyai Zul, pengurus dapat merekrut calon anggota legislative (Caleg) sedini mungkin. Sebagaimana perintah DPP bahwa Tahun 2016 mendatang Caleg PBB di setiap daerah harus sudah ditetapkan. “Saya yakin PBB akan lebih bersinar pada Pemilu Legislative 2019,” cetusnya.

Baca Juga  Saad Dianggap Tidak Pantas Jadi Ketua Demokrat

Sebelumnya Bupati Sumbawa, Drs H Jamaluddin Malik menyambut baik digelarnya Muscab dan kehadirannya tidak hanya sebagai bupati tapi juga Ketua DPC Hanura Sumbawa.

JM—akrab Ia disapa, mengaku sudah lama dekat dengan Kyai Zul (Ketua DPW PBB) sejak dirinya menjadi Camat Taliwang. Bahkan putra keduanya, Ardi Juliansyah S.IP yang kini telah menjadi anggota DPRD Sumbawa sejak kecil (SD) dititipkan dalam asuhan Kyai Zul di Ponpes Al Ikhlas Taliwang. Dengan nada bercanda, JM mengaku ketika Ardi pulang mudik dari kuliah di Jawa yang pertamakali disambanginya adalah Kyai Zul kemudian mereka selaku orangtuanya.

Di bagian lain JM menyatakan ketidaksetujuannya dengan adanya dikotomi antara Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH). Ia juga tidak berharap perseteruan KMP dan KIH di pusat menjalar ke daerah karena akan menghambat proses pembangunan terutama di Kabupaten Sumbawa.

Terkait dengan terpilihnya Khaeruddin SE sebagai Ketua DPC PBB Sumbawa, JM berharap PBB semakin eksis, dan pengurus baru dapat berbuat untuk pembangunan Sumbawa.

Sementara Ketua DPC PBB Kabupaten Sumbawa terpilih, Khaeruddin SE dalam pidato politiknya mengatakan, kepercayaan yang diberikan akan dipegang teguh untuk membesarkan partai. Perolehan yang hanya satu kursi pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 lalu menjadi tantangan bagi dirinya beserta jajaran pengurus untuk dapat ditingkatkan pada Pileg 2019 mendatang. “Bukan karena figur yang menyebabkan semuanya. Namun kita terbentur soal waktu yang relative singkat untuk mensosialisasikan diri, karena itu ke depan kita diminta lebih awal untuk mempersiapkan diri,” ucapnya.

Baca Juga  Hj Erica: Tanamkan Semangat "Fastabiqul Khairat"

Disinggung apakah PBB bisa menjadi peserta Pemilu 2019 ? Her—akrab Wakil ketua Komisi IV DPRD Sumbawa ini menyatakan, dalam rakor anggota DPRD kota/kabupaten dan propinsi se-Indonesia di Jakarta beberapa waktu lalu, Ketua Umum PBB, Dr MS Kaban menegaskan PBB bisa menjadi peserta pemilu. Dasarnya, Pileg 2009 lalu PBB juga tidak ada kursi di DPR RI namun bisa menjadi peserta pemilu 2014. Selain itu, parpol peserta pemilu juga tetap dilakukan verifikasi. “Insha Allah PBB bisa menjadi peserta Pemilu 2019,” cetusnya.

Khusus di Kabupaten Sumbawa, Her—satu-satunya wartawan yang lolos pada Pileg 2014 lalu ini menegaskan akan berjuang untuk menambah perolehan kursi di DPRD. Keyakinan ini karena pengurus baru DPC PBB didominasi anak-anak muda yang enerjik dan figure potensial yang siap mewakafkan diri mereka untuk membesarkan partai.

Ditemui terpisah Sekretaris PBB Sumbawa, Didi Dirgantara SE mengaku tidak mencalonkan diri pada Muscab kemarin karena hasil istikharah dan perhitungan secara matematis Khaeruddin dinilai paling pantas menduduki jabatn Ketua DPC. “Rekan-rekan PAC menyambut baik pencalonan Khaeruddin dan meminta agar saya tetap mendampinginya,” kata Didi—akrab CEO Pulau Sumbawanews dan pemilik akun Rungan Samawa ini disapa. Untuk diketahui selain dirinya sebagai Sekretaris, terpilih sebagai bendahara adalah

Ayu Kurnia S.Pd, Ketua BK Drs H Salim Ahmad dan Ketua MPC, D Mustafa. “SK hasil Muscab sudah dikirim ke DPP untuk disahkan. Rencananya awal tahun mendatang kami mengikuti Muswil di Mataram dan dilanjutkan dengan Muktamar PBB di Palembang sekitar Maret 2015,”  pungkasnya. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda