Fakultas Psikologi UTS Lakukan Terapi Anak di Graha Autis

oleh -29 views

Mataram, SR (27/12)

Psikologi UTS 1Memasuki semester tiga, seluruh mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) angkatan pertama melaksanakan kunjungan lapangan dalam rangka memberikan pemahaman dan pengalaman secara langsung mengenai beberapa ilmu terapan di antaranya Psikologi Klinis, Psikopatologi, Psikologi Pendidikan dan Psikodiagnostik.

DPRD

Kunjungan tersebut diikuti sedikitnya 25 mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan I semester 3, didampingi tiga dosen pembimbing dan staf administrasi. Beberapa tempat yang mereka kunjungi yakni Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Mutiara Sukma, Sekolah “Lentera Hati Islamic Boarding School”, dan Sekolah Terapis “Graha Autis”.

Psikologi UTSUntuk kunjungan ke RSJ Mutiara Sukma yang berlangsung hingga sore hari mereka melakukan observasi ke beberapa bangsal dan interview kepada para petugas dan terapis setempat. Hasil observasi ini kemudian dipresentasikan oleh mahasiswa yang dirangkaikan dengan pemaparan singkat psikolog RSJ Mutiara Sukma terkait dengan peran dan fungsi psikolog dalam psikologi Klinis.

Kemudian esoknya berlanjut ke Sekolah “Lentera Hati Islamic Boarding School” adalah sekolah integratif dari Penitipan anak, kelompok bermain, TK dan SD. Di sekolah ini mahasiswa mendapat pengetahuan khusus mengenai peran psikolog dalam dunia pendidikan khususnya untuk anak usia dini melalui kuliah umum oleh Dr MA Muazarhabibi, S.Psi, M.Psych, MPD–pendiri sekolah yang juga seorang psikolog.

Kegiatan mahasiswa Psikologi UTS tak berhenti karena di hari ketiga mereka mengunjungi Graha Autis–sekolah yang menampung anak berkebutuhan khusus dari berbagai klasifikasi seperti Autis, Down Sindrom, Cerebral Palsy, Tuna Laras dan lainnya. Kunjungan tersebut memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk terjun langsung melakukan terapi kepada beberapa anak yang sedang berada dalam masa terapi.

Baca Juga  Perbanyakan Tanaman Sagu (Metroxylon sagu Rottb.)

Setelah dari sekolah itu, di hari yang sama mahasiswa didampingi Rektor UTS Dr H Zulkieflimansyah SE M.Sc berkesempatan berdialog singkat dengan Gubernur NTB di ruang kerjanya. Dan Kegiatan kunjungan lapangan ditutup dengan pertandingan Futsal persahabatan bersama para karyawan kantor Provinsi NTB, mahasiswa psikologi dan para artis ibukota seperti Darius Sinatrya, Riko Ceper, dan Gusti Randa. (*) Baca juga di Gaung NTB

DPRD DPRD