Operasi Lilin Gatarin 2014 Dimulai

oleh -1 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (25/12)

Operasi Lilin 1Operasi Lilin Gatarin 2014 menyambut Natal dan Tahun Baru 2015 mulai digelar yang ditandai dengan gelar pasukan di Halaman Kantor Bupati Sumbawa, Selasa (23/12). Peserta gelar pasukan terdiri dari Polisi, TNI, Satdamkar, Satuan Pol PP, LLAJR, Tagana, dan Pramuka.

amdal

Pada kesempatan itu Bupati Sumbawa Drs H Jamaluddin Malik didampingi Kapolres Sumbawa, Dandim 1607, Ketua PN, unsur Muspida lainnya melakukan pemeriksaan pasukan untuk mengecek kesiapan para petugas dalam pengamanan dua momen besar tersebut.

Bupati Sumbawa Drs H Jamaluddin Malik selaku inspektur upacara yang membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs Sutarman, mengatakan, gelar pasukan yang diselenggarakan serentak di seluruh wilayah Indonesia merupakan salah satu tahapan manajerial penting dalam rangka melakukan pengecekan terhadap kesiapan akhir pelaksanaan operasi baik pada aspek personel, materil, sarana prasarana, serta perlengkapan pendukung lainnya, termasuk pelibatan TNI dan seluruh stakeholders terkait beserta mitra kamtibmas pada pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2015, sehingga masyarakat dapat menjalankan ibadah dan perayaan dengan aman, nyaman, tertib dan lancar.

Perayaan Natal dan Tahun Baru, kata JM, membawa dampak yang signifikan terhadap peningkatan aktivitas masyarakat di pusat–pusat keramaian, seperti area perbelanjaan, tempat ibadah, dan sarana rekreasi. Kondisi ini juga menyebabkan terjadinya peningkatan arus dan mobilitas masyarakat yang menggunakan sarana transportasi baik darat, laut maupun udara. Hal ini katanya akan berimplikasi terhadap munculnya berbagai gangguan kamtibmas dan permasalahan di bidang keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas.

Baca Juga  Pengeboman Ikan di Perairan Pulau Medang Kian Marak

Diakui, pelaksanaan Operasi Lilin tahun lalu cukup efektif yang ditandai dengan menurunnya angka kriminalitas, menjelang, saat, maupun setelah perayaan Natal dan Tahun Baru. “Kerja keras disertai pengabdian yang tidak kenal lelah yang telah ditampilkan oleh seluruh anggota di lapangan dalam pelaksanaan operasi kemanusiaan patut diberi apresiasi,” katanya, seraya berharap agar capaian tersebut dapat semakin memacu semangat untuk terus menunjukkan kinerja terbaik dalam pelaksanaan operasi pada tahun ini, sehingga akan membuahkan hasil yang lebih optimal.

Operasi Lilin 2014 ini menurut Kapolri, akan dilaksanakan selama 10 hari sejak 24 Desember 2014 hingga 2 Januari 2015. Operasi itu mengedepankan tindakan preventif yang didukung kegiatan deteksi dini serta penegakan hukum secara profesional dan proporsional.

 

400 Personil

Sementara Kapolres Sumbawa, AKBP Karsiman SIK MM yang ditemui usai upacara menyebutkan sebanyak 406 personilnya akan diterjunkan dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru. Selain berada di jalan raya, rumah ibadah dan tempat hiburan, anggotanya akan bergabung bersama TNI, perhubungan, Satpol PP, Dikes, Senkom, Satdamkar dan Pramuka di 4 Pos Pengamanan (Pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan) yang tersebar di sejumlah titik seperti gereja, pasar, dan bandara. “Kami melakukan pola pengamanan terbuka dan tertutup, namun yang lebih dominan adalah pengamanan terbuka dengan menempatkan personil sebanyak-banyaknya di pusat-pusat keramaian,” demikian Kapolres. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda