Kelola Dana BOS, SMP 1 Badas Masuk Nominasi Nasional

oleh -3 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (08/12)

Kepala SMP 1 Badas, A Rahman Semba S.Pd
Kepala SMP 1 Badas, A Rahman Semba S.Pd

Kepala SMP Negeri 1 Badas, A Rahman Semba, SPd, diundang untuk mempresentasikan tentang pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di sekolahnya. Ini dilakukan, karena salah satu sekolah unggulan dalam Kota Sumbawa tersebut, berhasil masuk nominasi nasional penilaian Lomba Tata Kelola Dana BOS SMP tingkat nasional.

Ditemui belum lama ini, Man—sapaan akrabnya, menegaskan ada 4 hal pokok tentang pengelolaan dana BOS, yang akan dipresentasikannya dalam lomba yang digelar dari tanggal 9—12 Desember di Jakarta ini.
Keempat komponen dimaksud adalah tentang perencanaan, pelaksanaan, pelaporan serta dampak yang ditimbulkan berkat keberadaan dana BOS. “Bahannya sudah siap, tinggal saya presentasikan saja,” ujarnya.

Secara garis besar Man, yang juga ketua PGRI Cabang Badas ini, menuturkan untuk komponen pertama yaitu perencanaan, penyusunan RKS tetap mengacu pada Juknis yang ada, termasuk membentuk tim manajemen. Setelah disusun, perencanaan dana BOS ini lalu disosialisasikan kepada siswa dan orang tua. “Untuk pelaksanaan dan pelaporannya kita laksanakan sesuai program yang sudah disusun dalam RKS,” tegasnya.

Lalu bagaimana dengan dampak ?. Menurut mantan Kepala SMP 4 Badas ini, dampak yang dirasakan sekolahnya dengan adanya dana BOS tersebut, terutama dari segi prestasi sangat luar biasa. Itu dibutikan dengan terus munculnya prestasi di sekolahnya seperti raihan medali perunggu oleh siswanya di LPIR nasional termasuk kesebelasan SMP 1 Badas kembali mewakili NTB untuk kedua kalinya di LPI nasional. “Guru kami juga ada yang meraih juara IV nasional di lomba Forum Ilmiah Guru tahun 2013,” jelasnya.

Baca Juga  Raja Pupuk Dorong Mahasiswa UTS Jadi Generasi Sukses

Lebih lanjut Man, mengatakan masuknya SMP 1 Badas dalam nominasi nasional di lomba Tata Kelola Dana BOS ini, tidak lepas dari kerja sama yang baik yang sudah terjalin antara guru dan komite. Kerjasama yang baik ini patut dipertahankan, agar prestasi demi prestasi terus bermunculan. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda