Pencuri Ternak Gasak Tiga Ekor Kerbau

oleh -2 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (19/11)

Ilustrasi
Ilustrasi

Pencurian ternak melalui jalur laut kini bergeser ke wilayah utara Sumbawa. Terbukti dengan kehilangan tiga ekor kerbau milik warga di Dusun Ai Bari, Desa Kukin, Kecamatan Moyo Utara, Selasa (18/11) dinihari sekitar pukul 02.00 Wita. Dalam aksinya kawanan pencuri ternak (curanak) yang diduga berasal dari luar Pulau Sumbawa ini menggunakan perahu. Kabarnya mereka dilengkapi senjata tajam dan senjata api.

Kapolsek Moyo Hilir, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Abdul Sani yang dikonfirmasi tadi siang, mengakui adanya kasus pencurian ternak tersebut. Tiga ekor kerbau yang hilang itu adalah milik H Jamaluddin yang populer disapa Haji Doko. Sejumlah ternak ini memang dibiarkan lepas secara liar di padang (LAR) wilayah setempat, dan setiap sore dicek. Cara beternak seperti inilah yang memberikan peluang kepada kawanan maling untuk beraksi. Aksi pencurian ternak ini diketahui setelah Kapolsek dan jajarannya melakukan patroli terutama di pesisir pantai sebagaimana rutin dilakukan selama ini. Saat berada di pesisir Ai Bari, polisi melihat ada kapal yang baru saja dari pesisir melaju ke tengah laut. Kecurigaan pun muncul sehingga polisi mencari kebenaran dari warga setempat. Benar saja ada tiga ekor kerbau yang hilang. Namun Kapolsek Abdul Sani mengaku tidak mengetahui apakah dalam aksinya kawanan dilengkapi sajam dan senpi. Sebab saat beraksi tidak ada satupun orang di TKP, termasuk pemilik ternak yang tengah berada di Desa Sebewe. “Kami juga belum menerima laporan secara resmi dari pemilik ternak terkait kasus pencurian ini, meski anggota sudah menghubungi pemiliknya,” aku Kapolsek.

Baca Juga  TNI-Polri di KSB Buka Dapur Umum, Masakannya Dipuji Wartawan

Untuk mengantisipasi kasus yang sama, Kapolsek menghimbau warga terutama pemilik ternak waspada dengan tidak lagi melepas ternaknya secara liar melainkan menjaga atau mengkandangkannya. “Jumlah polisi terbatas, kami harap masyarakat dapat menjadikan dirinya polisi untuk diri, keluarga, lingkungan dan hartanya,” kata Kapolsek, seraya menyatakan bahwa pihaknya juga akan mengintensifkan patrolinya bekerjasama dengan masyarakat. (*) Baca juga di Gaung NTB

 

iklan bapenda