Diduga Bermasalah, Pengiriman Kayu Asal Dompu Digagalkan

oleh -3 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (19/11)

Kayu DompuHingga kini lima truk kayu asal Kabupaten Dompu masih diamankan di Kantor Polhut Dinas Kehutanan Kabupaten Sumbawa. Kayu itu diamankan, ketika melintas di jalan raya Sumbawa—Bima, wilayah Desa Serading Kecamatan Moyo Hilir. Meski sopir menunjukkan dokumen yang lengkap, namun pihak Polhut mencurigai ada yang tidak beres. Untuk memastikannya, tim Polhut Sumbawa diutus ke Dompu untuk dikoordinasikan dengan dinas kehutanan setempat.

amdal

Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan dan Pengendalian Hutan Dinas Kehutanan Sumbawa, Darussalam SAP, Selasa (18/11), mengatakan kayu itu milik UD Dharma—perusahaan kayu di Dompu yang akan dikirim ke Narmada dan Bertais, Lombok Barat. Hasil komunikasi dengan Kepala Dinas Kehutanan Dompu, ungkap Gading—akrab Ia disapa, setiap pengiriman kayu ke luar daerah dan surat–surat resmi yang diterbitkan oleh UD Dharma patut dicurigai. Selain itu di Kabupaten Dompu sudah tidak ada hutan rakyat, sehingga asal usul kayu tersebut diduga bermasalah. Dalam waktu dekat, pihaknya bersama Dinas Kehutanan Dompu akan melakukan lacak balak.

Sementara itu informasi lain yang diperoleh wartawan menyebutkan, kayu yang diamankan itu disinyalir berasal dari wilayah Empang dan Tarano Sumbawa. Sebelum dikirim ke Pulau Lombok, kayu yang ditebang di hutan Sumbawa ini dibawa ke Dompu dan ditempat di gudang yang ada di wilayah Kwangko. Setelah mengurus dokumen kayu di Dompu barulah dikirim yang seolah-olah kayu tersebut berasal dari Dompu. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda
Baca Juga  Kodim Sumbawa Gerak Cepat Bantu Korban Bencana di Tatede Lopok