Baksos HKN di Labuan Bajo Sukses

oleh -11 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (18/11)

Kadikes Didi Darsani Berikan Sambutan
Kadikes Didi Darsani Berikan Sambutan

Manfaat peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-50 di Kabupaten Sumbawa tidak hanya dirasakan masyarakat perkotaan. Dinas Kesehatan setempat selaku penyelenggara memperluas kegiatan ulang tahun emas yang mengusung tema “Sehat Bangsaku Sehat Negeriku” ini hingga ke pelosok kecamatan.

amdal

Seperti yang dilaksanakan di Kecamatan Utan, Sabtu (15/11) dengan menggelar berbagai kegiatan sosial. Di antaranya kampanye simpatik peduli kesehatan ibu yang dipusatkan di Pasar Utan. Dalam kampanye yang dimotori dr Hj Nieta Ariyani selaku penanggung jawab kegiatan didampingi Hj Nur Atika S.ST sebagai pelaksana, mengajak ibu hamil menjaga kesehatannya dan melakukan persalinan yang aman. Karena dengan cara itu ibu akan melahirkan generasi bangsa yang berkualitas. “Untuk menjaga kesehatan ibu hamil harus memeriksa kehamilan secara rutin untuk memenuhi 10 T, harus mengetahui apa yang harus dilakukan ibu hamil, mengetahui tanda bahaya pada kehamilan, rencanakan persalinan aman, dan apa kebutuhan masa nifas,” papar dr Nieta.

Tim Baksos HKN Sumbawa
Tim Baksos HKN Sumbawa

Selain kampanye simpatik dengan menyebarkan 300 pamflet, ungkap Dokter Nieta, pihaknya juga menggelar pengobatan gratis di Desa Labuan Bajo. Pengobatan ini meliputi pemeriksaan kesehatan dasar yang menjaring 180 orang, dan pemeriksaan gula darah 50 orang.

Tidak sampai di situ saja, tim juga melaksanakan kelas ibu hamil dan kelas ibu balita. Ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan kepada ibu-ibu tersebut sehingga adanya perubahan sikap dan prilaku baik dalam hal perawatan kehamilan, persalinan, nifas, dan KB pasca persalinan, hingga perawatan bayi dan lainnya.

Baca Juga  Porseni PGRI Ajang Membangkitkan Semangat Profesionalisme
Hj Nur Atika S.ST Kampanye Simpatik Peduli Kesehatan
Hj Nur Atika S.ST Kampanye Simpatik Peduli Kesehatan

Tanpa kenal lelah, tambah Hj Nur Atika, tim juga menggelar penyuluhan HIV/AIDS di SMPN 1 Utan, dan kampanye anti rokok. Kegiatan lainnya dilaksanakan di Puskesmas Utan yaitu pemasangan kontrasepsi gratis berupa IUD 47 orang, dan implant 16 orang. Masih di tempat yang sama dilaksanakan pemeriksaan papsmear untuk mendeteksi kanker rahim (serviks). Semua kegiatan yang dilaksanakan sejak pagi hingga malam hari ini mendapat sambutan hangat masyarakat, dibuktikan dengan antusiasnya mereka menjadi peserta. “Kegiatan ini tidak hanya di Utan, tapi akan dilaksanakan secara bertahap di beberapa kecamatan lainnya,” tandas Hajja Atika.

Dalam kesempatan itu, Camat Utan Hasyim S.Sos, menyampaikan apresiasi kepada Dikes yang memilih wilayahnya sebagai salah satu pusat kegiatan Baksos dalam rangka memperingati HKN. Kegiatan itu dinilainya sangat bermanfaat terutama dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakatnya. “Ini sangat membantu, dan kami harap kegiatan ini terus berkesinambungan,” pintanya.

Kelas Ibu Hamil dan Ibu Balita
Kelas Ibu Hamil dan Ibu Balita

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Sumbawa, Drs Didi Darsani A.Pt mengatakan kegiatan yang dilaksanakan itu untuk mempercepat terwujudnya masyarakat yang sehat jasmani, rohani, sosial, serta bermutu, produktif dan berdaya-saing. “Kami ingin momen HKN ini menjadikan budaya hidup sehat sebagai bagian dari rutinitas keseharian kita,” katanya.

Khusus di Labuan Bajo Kecamatan Utan, Didi—akrab Kadis disapa, menilai masih banyak yang perlu dibenahi terutama lingkungannya. Sebab yang mempengaruhi derajat kesehatan salah satunya lingkungan disamping pelayanan kesehatan dan penyediaan sarana prasarana. “Kami masih melihat sebagian masyarakat membuang hajat di sembarang tempat,” imbuhnya.

Baca Juga  SAAT JAYA Siap Tingkatkan Keberhasilan JM-Arasy

Baksos Dikes 6Padahal daerah pesisir rentan terhadap penyakit karena lingkungan yang tidak terjaga. Karena dia mendesak pemerintah desa dan masyarakat setempat dapat menjaga kebersihan lingkungan sehingga ke depan dapat menjadi desa yang BASNO (Buang Air Besar Sembarangan Nol). “Tanggung jawab kesehatan adalah tanggungjawab bersama, karena itu partisipasi masyarakat dalam menjaga kesehatan lingkungan sangat diharapkan,” ucapnya, seraya memberikan apresiasi yang tinggi atas animo dan antusiasnya masyarakat menyukseskan rangkaian HKN. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda