BPBD Temukan Baling-baling Pesawat Hilang

oleh -3 views
bankntb

Pencarian Semakin Diintensifkan

Sumbawa Besar, SR (17/11)

amdal
Baling-baling di perairan Labu Sawo
Baling-baling di perairan Labu Sawo

Pesawat latih XL2 Liberty milik PT Lift yang hilang di Perairan Pulau Moyo, semakin menemui titik terang. Hal ini setelah Kamis kemarin, Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa menemukan serpihan pesawat berupa sepotong baling-baling. Serpihan ini ditemukan di Perairan Labu Sawo Kecamatan Moyo Utara, sekitar 5 kilometer dari lokasi jatuhnya pesawat lenyap bersama dua orang awaknya. Temuan ini semakin memotivasi tim untuk mengintensifkan pencarian.

Ditemui di lokasi, Kepala BPBD Sumbawa, Ir Mukmin mengaku penemuan baling-baling pada hari ke 15 itu merupakan kemajuan dari pencarian yang dilakukan timnya setelah menerima estafet pencarian dari Tim SAR. Meski meyakini baling-baling buatan Jerman dan terbuat dari kayu itu adalah serpihan pesawat, namun pihaknya tetap mengirim hasil temuan tersebut ke Lab untuk dicek kebenarannya. Ia berharap beberapa hari ke depan tidak hanya serpihan, tapi juga jasad kedua awak pesawat yakni Boon Hua Lua—pilot asal Singapura dan Jati Wikranto siswa penerbang asal Jakarta, berhasil ditemukan. Karenanya mantan Kadis Peternakan ini berharap masyarakat nelayan dapat menginformasi jika menemukan serpihan lain sehingga memudahkan pihaknya untuk mengidentifikasi sekaligus melokalisir lokasi pencarian. “Kami juga berharap ada bantuan peralatan yang bisa mendeteksi keberadaan korban,” pintanya. Disinggung sampai kapan pencarian ini dilakukan, Mukmin menyatakan tergantung kepuasan keluarga korban. Ketika mereka meminta BPBD untuk menemukan jasad korban, pihaknya siap melaksanakannya. “Kami akan melakukan penyisiran hingga tuntas,” tandasnya.

Baca Juga  Tabrak Pohon, Pengendara Motor Tewas di Tempat
Kepala BPBD Sumbawa Ir Mukmin tunjukkan Baling-baling yang ditemukan
Kepala BPBD Sumbawa Ir Mukmin tunjukkan Baling-baling yang ditemukan

Sementara Nurwakit—Teknisi dari Lombok Institute Flight of Technology (LIFT) memastikan baling-baling yang ditemukan tim BPBD berasal dari serpihan pesawat XL2 Liberty yang hilang itu. Ia mengaku sangat mengenalinya karena selama ini setiap hari tetap melakukan pengecekan (maintenance). “Memang benar baling–baling ini milik pesawat yang hilang, ini kami kenali dari bentuk, warna dan bahannya,” pungkasnya.

Seperti diberitakan, pesawat latih XL2 Liberty dilaporkan hilang kontak Kamis, 30 Oktober lalu. Pasawat latih yang mengangkut dua awak, yakni Boon Hua Lua—pilot asal Singapura dan siswa penerbang Jati Wikranto asal Jakarta ini diperkirakan hilang di bagian selatan Pulau Moyo, tepatnya wilayah Brang Sabitin yang masih dalam perairan Teluk Saleh. Dugaan ini setelah ditemukan life jacket masih dalam bungkusan, dua tas besar milik korban, dan alat pemadam kebakaran, menyembul di permukaan. Perairan tersebut dikenal memiliki arus bawah yang cukup kuat dan berputar membentuk pusaran. Besar kemungkinan pesawat tersebut tersedot hingga ke dasar lautan. Pencarian tidak hanya melibatkan SAR dan kepolisian, namun juga jasa paranormal. Bahkan biksu dari Singapura pun turun tangan. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda