Pemilihan Ketua Komisi Bakal Ribut

oleh -0 views
bankntb

Empat Fraksi Siap Melawan Pimpinan Dewan

Sumbawa Besar, SR (24/10)

amdal
Lalu Budi Suryata SP, Ketua DPRD Sumbawa
Lalu Budi Suryata SP, Ketua DPRD Sumbawa

Pemilihan Ketua Komisi di DPRD Sumbawa yang akan dilaksanakan Jumat (24/10) hari ini dipastikan memanas dan menuai konflik karena ada beberapa fraksi yang menginginkan untuk diundur hingga Senin mendatang. Soalnya seluruh anggota Fraksi Gerindra berada di luar daerah dan tidak memungkinkan untuk mengikuti secara langsung proses pemilihan ketua komisi tersebut. Sementara fraksi lainnya tetap menginginkan pemilihan ketua komisi dilaksanakan Jumat hari ini karena sudah merupakan kesepakatan seluruh pimpinan fraksi pada rapat sebelumnya. Hasil rapat pimpinan DPRD yang berlangsung di ruang kerja Ketua DPRD, Kamis (23/10), juga menetapkan pemilihan ketua DPRD tetap dilaksanakan Jumat. Keputusan tersebut mendapat protes dan kecaman dari empat fraksi yaitu Fraksi PAN, Golkar, Demokrat dan Gerindra. Sebagai bentuk protes hingga kini empat fraksi tersebut belum mengajukan nama anggotanya untuk didistribusikan ke masing-masing komisi. Sedangkan lima fraksi lainnya yakni PDI Perjuangan, PPP, Hanura, Nasdem dan Fraksi Bintang Keadilan, sudah mengajukan nama.

Ketua Fraksi PAN, Ida Rahayu BA menilai pemilihan ketua komisi yang digelar Jumat hari ini tidak sah karena tata tertib (Tatib) yang mengatur pemilihan ketua komisi itu belum ada. “Tatib yang telah diparipurnakan masih dievaluasi Gubernur NTB dan belum ditandatangani, jadi harus menunggu tatib,” tukasnya.

Srikandi dewan ini juga menyatakan pemilihan ketua komisi tidak gegabah meski nama-nama anggota komisi yang diusulkan masing-masing fraksi sudah masuk. Seharusnya, sebelum pemilihan ketua komisi, nama masing-masing anggota komisi yang diusulkan fraksi harus diparipurnakan. “Tidak ada aturan yang mengatur tentang batasan waktu. Jadi pemilihan besok (hari ini, Red) kami anggap tidak sah,” tudingnya.

Baca Juga  HM Husni Djibril: Saya Maju dengan PDIP

Menanggapi hal itu ketua DPRD  Lalu Budi Suryata yang ditemui usai rapat memastikan pembentukan dan pemilihan ketua komisi yang digelar Jumat hari ini sudah sesuai mekanisme. Keputusan harus dilaksanakan Hari Jumat berdasarkan hasil rapat yang telah digelar Selasa (21/10). Rapat tersebut diikuti 8 ketua fraksi minus Fraksi Gerindra karena berada di luar daerah. Meski tidak hadir, Ketua Fraksi Gerindra telah menyetujui pembentukan dan pemilihan ketua komisi digelar hari ini. “Kita harus konsisten dengan kesepakatan yang kita buat,” ujarnya.

Sebelumnya, diakui Budi—akrab politisi PDIP ini disapa, Kamis kemarin, empat unsur pimpinan (Lalu Budi Suryata SP, Drs A Rahman Alamudi SH M.Si, H Ilham Mustami S.Ag dan Kamaluddin ST M.Si) menggelar rapat rencana pembentukan dan pemilihan ketua komisi. Rapat yang digelar siang itu sempat diskor karena tidak ada kesepakatan di antara mereka. Rapat pun kembali dilanjutkan sore harinya hingga menjelang magrib, dan finalnya pemilihan tetap dilakukan Jumat hari ini sebagaimana kesepakatan yang telah dicapai bersama pimpinan fraksi.

Budi menyesalkan sejumlah fraksi yang tidak mengajukan nama anggota untuk didistribusikan di masing-masing komisi. Meski demikian agenda pemilihan ketua komisi tetap bisa dilanjutkan, tanpa anggota empat fraksi tersebut. Sesuai aturan, mekanisme dalam pengambilan keputusan yang utama melalui musyawarah mufakat dan jika tidak ada kesepakatan akan dilakukan voting. “Apabila lima dari 9 fraksi telah setuju maka sudah kuorum dan pemilihan bisa dilaksanakan, dengan meninggalkan empat fraksi yang lain,” pungkasnya. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda