Budi Resmi Dilantik Sebagai Ketua DPRD Sumbawa

oleh -0 views
bankntb

Abi Mang, Haji Ilham dan Kamal, Wakil Ketua 

Sumbawa Besar, SR (21/10)

Pimpinan DPRD SumbawaEmpat pimpinan DPRD Sumbawa periode 2014-2019 resmi dilantik, Senin (20/10). Pelantikan melalui Sidang Paripurna Isitimewa DPRD Sumbawa ini berdasarkan SK Gubernur Provinsi NTB No. 171-642 tahun 2014 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD Kabupaten Sumbawa. Mereka adalah Lalu Budi Suryata SP selaku Ketua DPRD Sumbawa, sedrfta tiga orang wakil ketua yaitu Drs A Rahman Alamudy SH M.Si, H Ilham Mustami S.Ag, dan Kamaluddin ST M.Si.

Ketua DPRD Sumbawa, Lalu Budi Suryata SP dalam sambutannya mengatakan, dengan ditetapkannya pimpinan DPRD definitive, konsekwensinya seluruh tugas dan fungsi DPRD sudah dapat berjalan dengan baik. Ada beberapa agenda penting yang masih tersisa dan harus segera ditindaklanjuti di antaranya pembentukan alat kelengkapan DPRD dan pembahasan APBD Tahun 2015. “Saya mengajak seluruh anggota dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sehingga mendapat Ridha dari Allah dan bernilai ibadah.

Budi juga mengingatkan kembali bahwa beberapa hari lalu DPRD Sumbawa telah merampungkan penetapan Tata Tertib DPRD, yang akan menjadi acuan dalam menjalankan tugas. “Semua ketentuan yang telah ditetapkan harus dipatuhi terutama menyangkut waktu rapat, agar agenda yang telah terjadwalkan dapat terlaksana dan tepat waktu,” ucapnya.

Kemudian untuk menjaga marwah lembaga DPRD, diharapkan anggota dewan dapat menjaga kebersamaan, dan saling menghormati dalam setiap pengambilan kebijakan, sehingga semua persoalan dapat diselesaikan.

Baca Juga  Muhammad Yamin Segera Dilantik Sebagai Wakil Ketua DPRD Sumbawa

Bupati Sumbawa, Drs H Jamaluddin Malik, mengatakan, pelantikan pimpinan DPRD Sumbawa merupakan moment penting dan strategis untuk bekerja bersungguh-sungguh dalam penyelenggaraan pembangunan.

Eksekutif dan legislatif kata JM—sapaan akrab Bupati, merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Sesuai dengan ketentuan bahwa pemerintahan daerah adalah kepala daerah dan DPRD, sehingga dua lembaga ini harus mampu bersinergi, berkolaborasi dan bekerjasama dalam menetukan kebijakan daerah, agar mampu melaksanakan tugas dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan itu, JM kembali mengingatkan bahwa tidak ada orang hebat di dunia ini, kecuali orang-orang yang mampu bekerjasama. Karena dengan kebersamaan semua bisa dituntaskan dengan mudah.

Terkait dengan tugas pengawasan, menurut JM,  DPRD selama ini hanya mengawasi saat menentukan program, padahal tugas itu dilakukan mulai dari perencanaan program hingga evaluasi akhir, sehingga hasilnya benar-benar berkualitas. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda