Amanwana Tak Berkonstribusi Bagi Warga Sekitar

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (21/10)

Junaidi, Anggota DPRD Sumbawa
Junaidi, Anggota DPRD Sumbawa

Anggota DPRD Sumbawa, Junaidi menyoroti keberadaan Amanwana Hotel. Pasalnya, hotel yang bertaraf internasional dan sangat dibanggakan daerah ternyata tidak memberikan konstribusi signifikan bagi masyarakat sekitarnya. Meski Amanwana Resort menjadi sumber PAD, tidak berdampak langsung bagi masyarakat sekelilingnya. “Tidak ada manfaatnya ada Amanwana bagi warga di sana, lebih baik tidak ada karena masyarakat bisa leluasa mencari nafkah. Masyarakat dilarang berburu dan bertani hanya untuk kepentingan menjaga eksotiknya Amanwana,” tukasnya.

Jika ada masyarakat setempat yang direkrut sebagai tenaga kerja, itu sangat kecil dan dijadikan tukang cuci, tukang masak dan pekerjaan level bawah lainnya. “Tidak ada dampak langsung yang dirasakan masyarakat atas hadirnya Amanwana. Mereka hanya dijadikan objek penderita saja. Diberikan aturan tidak bisa berladang dengan alasan menjaga ekosistem. Sementara orang luar pergi berburu di sana semaunya. Masyarakat ingin makan daging rusa sedikit saja tidak bisa. Ini yang membuat mereka cemburuan sosial,” tandasnya.

Karenanya pemerintah daerah termasuk perusahaan harus bisa mensejahterakan masyarakat di sana. “Jangan membuat masyarakat menderita hanya untuk kepentingan yang lebih kecil,” pungkasnya. (*)

iklan bapenda
Baca Juga  Isu Bermain Proyek, Upaya Pelemahan Kinerja TP4D