Sempat Hilang, 4 Mahasiswa UNSA Ditemukan di Pegunungan Batu Lanteh

oleh -4 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (20/10)

Jalan Batu Lanteh
Jalan Batu Lanteh

Kepanikan menyelimuti Tim Mapala (Mahasiswa Pencinta Alam) Universitas Samawa (UNSA). Pasalnya 4 rekannya hilang di pegunungan Brang Pare, Setongo, Dusun Semongkat, Desa Kelungkung Kecamatan Batu Lanteh saat menggelar kegiatan perkemahan. Empat mahasiswa yang masih semester I tersebut adalah Eliya dan Endang Larasati—keduanya mahasiswa FKIP, Ifandi (Pertanian) dan Azis (Ekonomi). Mereka terpisah dari kelompok lainnya saat menuju post yang berada di lokasi survival atau berjarak sekitar 100 meter dari Basecamp induk.

amdal

Ketua Mapala, Joni Iskandar yang dihubungi, mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan Sabtu (18/10) hingga empat hari ke depan dengan peserta 8 orang mahasiswa yang tergabung dalam Mappala plus 4 orang panitia termasuk dirinya. Delapan peserta ini dibagi dalam dua tim yang ditugaskan untuk melakukan survey lokasi. Tim pertama diutus dari basecamp induk ke post survival sekitar pukul 08.00 Wita. Namun ketika tim kedua tiba di post tidak menemukan tim pertama yang lebih awal bergerak. Pencarian pun dilakukan hingga melibatkan puluhan warga setempat. “Kami langsung diamankan di kantor camat sambil menunggu informasi keberadaan rekan kami yang hilang,” kata Joni.

Pencarian yang juga melibatkan anggota Tagana yang kebetulan warga setempat, terpaksa dihentikan karena hari menjelang senja. Tapi jejak keberadaan mahasiswa yang hilang itu belum ditemukan. “Kami harap mereka segera ditemukan,” pintanya.

Sementara M Nur—anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana), menambahkan pencarian dilanjutkan pada malam hari menggunakan obor dan alat penerang seperti senter dan lainnya. Pencarian ini melibatkan anggota Kepolisian Sector Batu Lanteh. Setelah mengitari pegunungan sekitar 1 kilometer dari basecamp, keempatnya berhasil ditemukan tengah kebingungan mencari jalan pulang sekitar pukul 23.30 Wita. “Kami menemukan keempatnya dalam kondisi selamat, dan tidak ada cedera sedikitpun,” ungkap Nur.

Baca Juga  Kasus Pembakaran Bus, Bupati Sumbawa Minta Maaf

Selanjutnya keempatnya diamankan di Polsek untuk dimintai keterangannya. Dan sejauh ini hasil pemeriksaan itu belum dipublikasikan. Kapolsek Batu Lanteh, IPTU I Ketut Surana yang coba dihubungi belum berhasil dikonfirmasi karena handphonenya mailbox. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda