Plafon Kantor Lurah Uma Sima Ambruk

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (27/09)

Plafon Aula Kantor Lurah Uma Sima Kecamatan Sumbawa seketika roboh. Beruntung dalam peristiwa yang terjadi Kamis (25/9) siang sekitar pukul 13.00 Wita, ruangan dalam keadaan kosong, karena pegawai setempat sedang istirahat. Kuat dugaan amruknya plafon itu karena kayu peyangga atap bangunan yang sudah dimakan usia dalam kondisi lapuk. Tampak kayu sudah dimakan rayap dan beberapa bagiannya berlubang. Tokoh masyarakat, Babinsa dan Polmas Uma Sima mengaku prihatin, sekaligus bersyukur karena tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. “Sata kejadian situasi sepi bertepatan dengan jam istirahat,” kata Lurah Uma Sima, Rustamaji S.Sos M.Si yang ditemui, Jumat (26/9).

amdal

Ambruknya plafon kantor ini diakui Rustamaji, sudah diperkirakan sebelumnya. Sebab tampak jelas kayu peyangga sudah kropos. Karena itu setahun yang lalu, kegiatan kantor yang sebelumnya di aula dipindahkan ke ruang rapat yang terletak di bagian depan.

Usulan untuk perbaikan aula itu juga sudah disampaikan melalui Bagian Pemerintahan Setda Sumbawa yang kemudian ditindaklanjuti dengan mengukur luas aula guna proses renovasinya. Namun hingga kini belum terealisasi. Dengan dana pemeliharaan, pihaknya berinisiatif melakukan rehab ringan, tapi belum mampu mengatasinya. “Hasil koordinasi kami dengan Bagian Setda Sumbawa, bahwa renovasinya dianggarkan tahun depan mengingat anggaran yang diperlukan cukup besar,” tandasnya.

Sementara Ketua LPM Uma Sima, M Amin Jebes mengatakan seharusnya Pemda memprioritaskan penanganan aula kantor lurahnya. “Ini kebutuhan mendesak harus segera dilaksanakan,” desak Jebes yang juga pegiat LSM ini. Dengan adanya kesan pembiaran terhadap kondisi aula tersebut, justru nyaris menimbulkan korban jiwa. “Ini membahayakan jiwa, ketika ada korban apakah pemerintah mau bertanggung jawab,” tanya Jebes. (*) baca juga di Gaung NTTB

iklan bapenda
Baca Juga  Mantan Panglima TNI Moeldoko Sambangi Petani Plampang