Gudang Terbakar, Empat Penghuni Nyaris Terpanggang

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (27/09)

gudang terbakarWarga di Jalan Mawar Kelurahan Bugis, panik. Sebab gudang besar milik Sinar Baru yang berada di lingkungan padat penduduk ini dilalap si jago merah, Kamis (25/9) sekitar pukul 23.30 Wita. Empat penghuni gudang pun nyaris terpanggang setelah terperangkap dalam kobaran api. Beruntung mereka berhasil menjebol dinding bagian belakang gudang lalu memanjat tembok berlindung di dalam SDN 7 Sumbawa yang berada di samping kanan gudang.

amdal

Api yang membumbung tinggi ini merambat ke kediaman Herman, tepat berada di samping kanan gudang. Untuk menghambat menjalarnya api, warga bahu-membahu berusaha memadamkan si jago merah dengan air seadanya. Api dapat dijinakkan setelah mobil pemadam kebakaran tiba di TKP, sehingga api tidak meluas ke lingkungan penduduk setempat. Api berhasil dipadamkan total setelah hampir dua jam.gudang terbakar 2

Belum diketahui secara pasti penyebab musibah tersebut. Namun dugaan sementara berdasarkan hasil olah TKP, kebakaran itu akibat arus pendek. Untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut, TKP dipasang garis polisi (police line) dan sejauh ini sedikitnya lima orang saksi dimintai keterangan oleh penyidik Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Sumbawa.

Salah seorang penghuni gudang, Ridwan menuturkan, sebelum kejadian dia bersama rekannya, Arsi Vitasari beserta Ayu dan Huria—adik dan ibunya, sedang menonton televisi di kamar belakang. Tanpa diduga keasyikan mereka terganggu karena listrik tiba-tiba padam.  Ridwan pun berinisiatif mencari penyebab padamnya listrik, sedangkan yang lainnya mencari lilin. Ridwan pun berteriak karena melihat percikan api dari salah satu instalasi  di sudut gudang. Dalam sekejap api pun membesar, membuat para penghuni kalang kabut. Untuk menyelamatkan diri, mereka bingung sebab jalan satu-satunya hanya melalui gerbang gudang bagian depan yang tengah dilalap api. Ayu, Huria dan Arsi masuk ke kamar mandi yang dinilainya tempat aman. Apipun  kian berkobar dan melahap bagian-bagian gudang. Ridwan yang sempat bingung menemukan jalan keluar dengan menjebol dinding belakang gudang. Dari celah itu, para penghuni berhasil menyelamatkan diri. “Saya pastikan kebakaran ini akibat arus pendek,” kata Ridwan.

Baca Juga  Hari Kedelapan Operasi Yustisi Wajib Masker, Timgab Jaring 46 Pelanggar

Kepanikan juga dirasakan Herman, yang rumahnya berada di samping kiri gudang. Malam itu dia baru saja mematikan televisi dan hendak tidur. Belum sempat menutup mata, terdengar suara berisik. “Putri saya yang masih duduk di kelas 2 SMP meminta saya keluar, karena curiga ada maling,” aku Herman. Dia pun bergegas ke luar kamar hendak mengambil parang, namun langkahnya terhenti karena melihat api sudah melahap bagian samping rumahnya. “Saya langsung menarik anak saya keluar dan menyelamatkan satu bundel berkas penting,” kata Herman. Tidak sampai disitu, Herman kembali masuk rumah berusaha menghalau api dengan air seadanya agar tidak merambat di atap bangunan. Beruntung, mobil pemadam tiba di TKP. Api hanya membakar gudang miliknya menghanguskan tiga unit sepeda motor, kulkas dan beberapa ekor ayamnya.

Kapolres Sumbawa yang dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim, AKP Erwan Yudha Perkasa, Jum’at, mengakui adanya musibah kebakaran itu. Untuk memastikan penyebabnya, polisi sedang melakukan penyelidikan. Mengenai besarnya kerugian yang diderita, juga dalam identifikasi. “Untuk sementara dari keterangan saksi, kebakaran itu akibat arus pendek,” ucapnya. (*)

iklan bapenda