Umi Pipik Uje Talkshow “Wujudkan NTB Gemar Membaca”

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (23/09)

Hj Umi Pipik Uje
Hj Umi Pipik Uje

Semangat membaca terus digelorakan Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Provinsi NTB. Setelah menggelar berbagai kegiatan yang bersifat edukatif dan spektakuler, kini kembali menggelar kegiatan serupa di Kabupaten Sumbawa. Tak tanggung-tanggung, badan yang dinakhodai Ir H Mokhlis M.Si ini mendatangkan Hj Umi Pipik Uje—istri mendiang Ustadz Jefry Al Buchary. Talkshow bersama Hj Umi Pipik ini akan dilaksanakan, Rabu (24/9) besok sekitar pukul 08.00 Wita dengan mengambil lokasi di GOR Mampis Rungan Kelurahan Brang Biji. Kegiatan bertajuk “Wujudkan NTB Gemar Membaca” bakal dipadati pengunjung terutama kalangan ibu-ibu.

amdal
Sekda Sumbawa, Drs H Rasyidi
Sekda Sumbawa, Drs H Rasyidi

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa, Drs H Rasyidi yang ditemui Senin (22/9, menyatakan Pemda Sumbawa menyambut positif dan mendukung suksesnya kegiatan tersebut. Selain menyiapkan tempat, pihaknya telah meminta Kadis Diknas untuk memobilisasi sekolah agar dapat mengerahkan siswa menyemarakkan kegiatan tersebut. Sebab disadari, bahwa ajakan gemar membaca terutama bagi generasi muda, dinilai sangat penting dalam upaya menambah pengetahuan. Dengan bertambahnya ilmu, masyarakat akan semakin cerdas baik secara emosional maupun spiritual sehingga mampu membentuk karakter yang positif, tentunya akan bermuara dalam menciptakan sumber daya berkualitas. “Darimana pun program ini dan siapapun yang melaksanakannya patut kita acungi jempol dan wajib untuk didukung,” tandasnya.

Terkait dengan membangkitkan minat baca masyarakat, ungkap Sekda, Pemda melalui Arpusda telah melaksanakan berbagai program. Selain menggelar event melibatkan para pelajar, juga menggiatkan pelayanan mobile berupa perpustakaan keliling. Arpusda juga memperkaya perbendaharaan buku terutama yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat. Upaya ini mampu meningkatkan minat baca masyarakat yang ditandai dengan terus bertambahnya pengunjung perpustakaan daerah.

Baca Juga  30 Guru Gagal Terima Tunjangan Profesi
Ir H Mokhlis M.Si, Kepala Arpusda NTB
Ir H Mokhlis M.Si, Kepala Arpusda NTB

Sementara itu Kepala Badan Arpusda NTB, Ir H Mokhlis M.Si mengatakan, talk show dengan mendatangkan Hj Umi Pipik Uje, adalah upaya untuk mewujudkan NTB gemar membaca sebagaimana tema kegiatan tersebut. Kegiatan ini juga bagian dari program propinsi “Magrib Mengaji, Desa Membaca”. Kehadiran Umi Pipik ini ungkap Haji Mokhlis—akrab mantan Penjabat Bupati Sumbawa ini disapa, untuk menyentuh kalangan ibu-ibu yang dinilai sangat berperan penting melahirkan dan mendidik putra-putri berkualitas. Karenanya ibu harus cerdas salah satunya dengan banyak membaca untuk memperkaya pengetahuan.

Tujuan dari kegiatan ini lanjut Haji Mokhlis, untuk mewujudkan budaya membaca dan mengaji. Dua hal tersebut sangat terkait dengan karakter manusia, terlebih lagi kearifan local Tau dan Tana Samawa yang harus tumbuh dan dihidupkan kembali. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda