Ruang Terbuka Hijau Pusat Rekreasi dan Edukasi

oleh -1 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (23/09)

Keberadaan sejumlah Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kabupaten Sumbawa memberikan manfaat bagi masyarakat, sebagai sarana tempat bermain sekaligus rekreasi di tengah kota.

amdal

Kabid Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sumbawa, Muhammad Nur Hidayat ST, menyebutkan RTH dihajatkan untuk kepentingan publik, yang murah meriah dalam mendukung berbagai masyarakat termasuk kegiatan ekonomi kreatif, di samping wadah pembelajaran untuk mencintai lingkungan. “Yang tidak kalah penting, RTH adalah tempat masyarakat mendapatkan udara segar,” imbuhnya.

Disebutkanm, konsep pembangunan RTH terdapat 8 atribut yang harus dipenuhi. Yaitu green planing and desaign, yaitu kegiatan yang bertujuan untuk menigkatkan kualitas rencana tata ruang dan rencana kota yang lebih sensitif terhadap agenda hijau. Green Open Space, meningkatan kualitas dan kuantitas RTH sesuai dengan karakteristik kota.

Selanjutnya komunitas hijau, yakni meningkatkan partisipasi aktif masyarakat atau komunitas dan instansi swasta dalam perjuangan pengembangan kota hijau. Bangunan hijau (Green Building) yakni merencanakan dan menerapkan konsep ramah lingkungan pada tapak bangunan. Konsep Green Waste, yang menerapkan prinsip 3R meliputi, Reduce, Reuse, Recyclink (pengurangan, pemilihan dan pemanfaatan kembali sampah (daur ulang). Kemudian Green Transportasi, yakni merencanakan tranportasi yang berkelanjutan. Green energy yakni menerapkan sumber energi yang efisien dan ramah lingkungan. Terakhir Green Water, yakni meningkatkan efisiensi pemanfaatan dan pengelolan sumber daya air.

Baca Juga  Wagub Resmikan Desa Wisata Bonjeruk

Terhadap 8 atribut kota hijau ini, ungkap Dayat, Kabupaten Sumbawa sudah mendapatkan bantuan dari APBN selama 3 tahun terakhir ini, adalah RTH Kerato, Untir Katimis dan RTH Genang Genis wilayah Sering. “Dua di antara RTH itu sudah dikerjakan sementara 1 RTH yakni RTH Genang Genis dalam proses pengerjaan,” jelasnya.

Keberadaan RTH ini sangat dirasakan oleh masyarakat, terbukti dalam setiap hari selalu dimanfaatkan masyarakat baik untuk berolahraga, rekreasi, maupun mengembangkan ekonomi kreatif. Kedepan RTH ini akan terus ditata dan dikembangkan. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda