Sumbawa Siap Sambut Beroperasinya Newmont

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (16/09)

Pemerintah Kabupaten Sumbawa menyambut positif mulai beroperasinya kembali PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT). Hal ini ditandai dengan pemanggilan secara bertahap sejumlah karyawan yang sempat dirumahkan. Hasil komunikasi Pemda Sumbawa seperti diungkapkan Sekda Drs H Rasyidi, beroperasinya perusahaan tambang emas dan tembaga ini setelah dikantonginya ijin eksport bahan tambang. Hanya sekarang hal-hal tekhnis yang tengah dituntaskan. “Pemda menyambut baik asalkan PTNNT mau mendengar aspirasi masyarakat di Kabupaten Sumbawa dan KSB sehingga tidak lagi menimbulkan polemik,” kata Haji Rasyidi—akrab Sekda disapa.

amdal

Dalam melaksanakan kegiatannya, ujar Sekda, PTNNT harus memikirkan multi kepentingan. Artinya tidak hanya memikirkan kepentingan Newmont, tapi juga harus memikirkan kemauan masyarakat dan daerah yang tidak merugikan perusahaan. Dampaknya di satu sisi, perusahaan memperoleh keuntungan, dan di sisi lain masyarakat dan daerah termasuk pemerintah memperoleh konstribusi yang positif sehingga investasi bisa bergerak lebih cepat dalam membangkitkan pertumbuhan di semua sektor.

Sebagaimana harapan yang telah diperjuangkan sejak lama, yakni perusahaan dapat memberdayakan semua potensi dan tidak lagi memandang sebelah mata terhadap dukungan-dukungan masyarakat terkait dengan penyiapan segala kebutuhan perusahaan. Misalnya, untuk makanan, minuman dan keperluan lain perusahaan dan karyawan, agar dapat memanfaatkan sumberdaya lokal sehingga masyarakat setempat tidak menjadi penonton melainkan pelaku dalam kegiatan perusahaan. “Jangan lagi mengambil dari daerah lain sesuatu yang mampu disiapkan masyarakat lokal, seperti sayur, beras, ikan dan lainnya. Manakala ada spesifikasi khusus, perusahaan bisa melakukan intervensi melalui bantuan dan pembinaan sehingga kualitas barang yang dibutuhkan perusahaan bisa dihasilkan di daerah ini,” paparnya.

Baca Juga  BPR NTB Diminta Ambil Peluang Pengembangan Motor Listrik

Keselarasan inilah yang diharapkan tercipta sehingga masyarakat dan daerah merasa memiliki dan menjadikan Newmont bagian dari asset yang sangat berharga.

Disinggung mengenai kondisi infrastruktur jalan Lantung—Ropang yang sempat diprogramkan untuk dituntaskan PTNNT, Sekda Haji Rasyidi mengaku belum mengetahui kelanjutannya dan akan menanyakan Dinas PU selaku leading sector terkait. Namun demikian menurut Sekda, darimana pun sumber anggaran bagi pengerjaan jalan itu ketika memiliki niat ke depan untuk menuntaskannya, sudah pasti akan ditangani. “Saya rasa ketika Newmont sudah beroperasi dan memiliki kemampuan dengan sendirinya akan memberikan perhatian. Ketika akses jalan sudah baik, perusahaan itu juga nantinya yang akan merasakan manfaatnya,” ujar Sekda.

Sementara Suharto SH M.Si—Pemerhati Social Politik dan Pemerintahan, menilai penarikan kembali karyawan oleh PTNNT secara bertahap menandakan investasi mulai bergerak. Tentunya hal itu menjadi harapan dalam upaya pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui konstribusi-konstribusi yang diberikan PT Newmont. “Ini harus disambut dengan positif,” katanya.

Sambutan ini harus dibarengi dengan komunikasi intensif antara Pemda dan PTNNT sebagai bentuk keselarasan, sehingga investasi mampu diproteksi agar bergerak dalam suasana aman dan nyaman yang kemudian memberikan berkonstribusi. (*) Baca juga di Gaung NTB

 

iklan bapenda