Rendah, Kunjungan TNI/Polri dan PNS ke Arpusda 

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (14/09)

Syahril S.Pd M.Pd, Kepala Arpusda Kabupaten Sumbawa
Syahril S.Pd M.Pd, Kepala Arpusda Kabupaten Sumbawa

Minat kunjungan TNI/Polri dan PNS ke Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Sumbawa untuk membaca dinilai masih rendah. Sepanjang Tahun 2013 lalu, hanya 0,04%,  sementara PNS 5,52%.

amdal

Kepala Arspuda setempat, Sahril SPd MPd, mengakuinya. Meski kunjungan TNI/Polri dan PNS terbilang kecil, tidak berarti minat baca mereka rendah. “Mungkin karena keterbatasan waktu saja. Kalau koleksi buku di Arpusda Sumbawa, sudah sangat lengkap,” ujarnya.

Menurut mantan Sekretaris Dinas Diknas Kabupaten Sumbawa ini, untuk meningkatkan minat baca khususnya di kalangan TNI/Polri dan PNS, harus ada regulasi dari pemerintah baik daerah maupun instansi vertical lainnya yang menempatkan Perpustakaan pada setiap instansi/dinas. “Saya kira salah satu yang mendesak untuk meningkatkan minat baca ini adanya regulasi yang mengharuskan setiap dinas/instansi memiliki Perpustakaan,” tegasnya.

hal ini penting sehingga kebutuhan informasi bagi TNI/Polri dan PNS dapat terlayani dengan baik tanpa hambatan waktu. Kendati kunjungan TNI/Polri dan PNS masih kurang sambungnya, kunjungan ke Arpusda cenderung mengalami peningkatan yang signifikan terutama dari kalangan pelajar yang mencapai 48,28% dan mahasiswa 36,06%. Hal tersebut karena Arpusda terus berpromosi agar masyarakat semakin mengetahui tentang pentingnya Perpustakaan. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda
Baca Juga  Kadis Dikbud Ingatkan Sekolah Transparan Dalam Mengelola BOS