CJH Sumbawa Bertolak ke Jeddah

oleh -2 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (11/09)

Jamaah haji sumbawa 1Sebanyak 78 Jama’ah Calon Haji (JCH) kloter 8 dari Kabupaten Sumbawa diberangkatkan. Bertempat Masjid Agung Nurul Huda Kabupaten Sumbawa, para CJH ini dilepas secara resmi  Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa, Drs H Rasyidi, Rabu (10/9).

amdal

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Drs H Baharuddin Maswarang, menyebutkan jumlah kuota haji NTB mencapai 4.464 orang. Namun karena adanya pemotongan kuota oleh Pemerintah Arab Saudi sebanyak 20 persen, maka sejak Tahun 2013 kuota haji NTB turun menjadi 3.596 orang. Calon jama’ah haji Kabupaten Sumbawa yang sudah terdaftar di Siskohat tersebut sampai dengan 18 Agustus 2014 lalu mencapai 4.792 orang. Dari jumlah tersebut yang masuk dalam kuota yang berangkat tahun ini hanya 173 orang, sehingga yang masuk daftar tunggu 4.620 orang. Jama’ah calon haji Kabupaten Sumbawa 2014 ini akan diberangkatkan melalui dua kelompok terbang (kloter) yaitu kloter 8 dan kloter 10.

Drs H Baharuddin Maswarang, Kepala Kemenag Sumbawa
Drs H Baharuddin Maswarang, Kepala Kemenag Sumbawa

Dari 78 orang jama’ah tersebut 15 orang diberangkatkan langsung dari Halaman Masjid Agung Nurul Huda Kabupaten Sumbawa, dan 63 orang yang bertempat tinggal di Kabupaten Sumbawa bagian barat akan dijemput di kantor camat masing-masing. Jama’ah Calon Haji diberangkatkan menggunakan mini bus dan akan melanjutkan perjalanan ke Jeddah, pada Kamis hari ini menggunakan pesawat.

Kloter 8 yang berangkat dari Sumbawa Rabu hari ini pukul 08.00 Wita, akan tiba di Asrama Haji Mataram sekitar pukul 15.00 Wita, kemudian akan berangkat ke Bandara Jeddah Kamis 11 September pukul 14.50 Wita dan tiba pukul 20.20 Was.

Baca Juga  Pengurus PWRI Dilantik, Chairuddin Karim Terpilih Sebagai Ketua

Selanjutnya Jama’ah kloter 8 akan dipulangkan dari Jeddah pada Minggu 19 Oktober 2014 pukul 20.20 Was, tiba di Bandara Lombok Senin 20 Oktober 2014 pukul 12.45 Wita. Selanjutnya berangkat ke Sumbawa pukul 15.00 Wita dan tiba di Sumbawa hari itu juga pukul 20.00 Wita.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Drs H Rasyidi dalam arahannya berpesan kepada para Jamaah Calon Haji agar memelihara kesehatannya. “Peliharalah kesehatan fisik, karena dari pengalaman saudara–saudara kita yang telah menunaikan ibadah haji, cuaca di Makkah dan Madinah sering tidak menentu, sehingga penting sekali untuk menjaga kondisi tubuh, agar mampu melaksanakan seluruh rukun haji dengan sempurna,” harapnya.

Sekda juga berpesan agar Jamaah Calon Haji selalu menghormati dan taat terhadap segala ketentuan perundang yang berlaku  selama menjalankan ibadah di Makkah maupun di Madinah, sehingga para jama’ah haji dapat menjadi tamu–tamu yang baik di negara lain.

“Selamat jalan dan  selamat beribadah, semoga Allah SWT senantiasa melindungi perjalanan serta ibadah bapak ibu calon jama’ah haji semua, dan kembali di Tana Samawa dengan predikat haji yang mabrur,” kata Sekda saat melepas keberangkatan jama’ah calon haji Kabupaten Sumbawa. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda