Jajaki Investasi, Konjen AS Siap ‘Jual’ Potensi Sumbawa

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (05/09)

Joanne Cossitt, Konjen AS foto bersama Wabup dan Pejabat Sumbawa
Joanne Cossitt, Konjen AS foto bersama Wabup dan Pejabat Sumbawa

Consultate General of United States America, Bidang Ekonomi dan Politik yang berdomisili di Surabaya, menjajaki kemungkinan untuk membuka pabrik pengolahan Mente di Kabupaten Sumbawa.

Untuk mengawali rencana tersebut, Konjen Amerika Joanne I Cossitt yang didampingi pegawai dari East Bali Cashew (Pabrik Kacang Mente) I Ketut Made Sudarma dan Ketut Subrata, menggelar pertemuan dengan Bupati Sumbawa di ruang kerja Bupati Sumbawa, Kamis (4/9).

Dalam pertemuan yang dihadiri Wakil Bupati, H Arasy Muhkan, Sekda Sumbawa Drs H Rayidi, Asisten II Setda Sumbawa, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Sumbawa, Kepala Dinas Pertanian, dan sejumlah pimpinan SKPD lainnya, Joanne I Cossitt, menyampaikan rencana tersebut, bahwa warga America Serikat berencana melakukan investasi di Kabupaten Sumbawa khususnya di bidang perkebunan. Sebab dari data sementara yang dimiliki AS, di daerah ini ternyata memiliki potensi dan sumber daya yang luar biasa di sektor perkebunan, khususnya lahan mente.

Dijelaskannya, investasi di sektor ini sudah dilakukan di Bali Timur dengan menggandeng perusahaan dari Amerika Serikat, dengan mendirikan pabrik pengolahan biji kacang mente, yang kemudian siap dipasarkan hingga ke luar negeri, dengan tenaga kerja utamanya adalah perempuan warga lokal.

Untuk mendukung investasi ini, Mrs Joanne meminta pemerintah Kabupaten Sumbawa mengirimkan data-data potensi ke Konjen Amerika di Surabaya agar dapat disampaikan ke pengusaha-pengusaha yang ada di Amerika yang memang berniat berinvestasi di daerah ini.

Baca Juga  Mensos : Silahkan Pemda Integrasikan Bansos Daerah dengan KKS

Bupati Sumbawa Drs H Jamaluddin Malik, menyampaikan apresiasi terhadap rencana tersebut. JM—akrab Bupati disapa menilai rencana itu sangat serius, hal tersebut ditandai dengan kehadiran Konjen AS ke Sumbawa.

JM mengakui iklim investasi di Sumbawa cukup menjanjikan, karena kondusifitas yang tetap terjaga dan karakter masyarakatnya yang egaliter dan ramah.

Bupati Sumbawa juga menginginkan agar pabrik pengolahan biji mente tersebut dapat dibangun di Kabupaten Sumbawa sehingga masyarakat Sumbawa dapat merasakan manfaatnya baik sebagai karyawan maupun pemasok bahan mentah yaitu biji mente.

JM juga berharap agar produk yang dihasilkan dapat membawa brand Sumbawa sehingga masyarakat baik nasional maupun internasional mengetahui bahwa Kabupaten Sumbawa memiliki produk-produk olahan yang unggul dan dapat bersaing di pasaran. Selanjutnya Bupati meminta Bappeda Sumbawa dan SKPD terkait untuk menindaklajuti secara teknis rencana tersebut.

Sebelumnya rombongan Konjen AS berkunjung dan bersilaturrahim ke Pondok Pesantren Abu Bakar dan KADIN, serta menyempatkan diri ke Univestas Teknologi Sumbawa untuk memberikan motivasi kepada para elang muda. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda